Sunani (2016) PENGEMBANGAN MODUL SULAM PITA BERBASIS KOMPETENSI PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN KERAJINAN DI SMP NEGERI 5 PERCUT SEI TUAN. Masters thesis, UNIMED.
01. JUDUL.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
02. PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (592kB) | Preview
03. ABSTRAK1.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
04. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
05. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (592kB) | Preview
06. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
07.DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
08. DAFTAR BAGAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
09. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
10. BAB I.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
14. BAB V.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : Mengembangkan modul sulam pita berbasis kompetensi pada mata pelajaran keterampilan kerajinan di SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan sebagai media pembelajaran keterampilan kerajinan di kelas VIII SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dan menggunakan tahap pengembangan Borg and Gall. Pengembangan modul sulam pita berbasis kompetensi dengan 7 langkah sebagai berikut : (1) Analisis kebutuhan, (2) Mengembangkan produk awal, (3) validasi ahli dan revisi, (4) Uji coba perorangan , (5) Uji coba kelompok kecil, (6) Uji lapangan , (7) Produk akhir.
Validasi ahli terdiri dari 2 ahli materi pelajaran Keterampilan Kerajinan, 2 ahli media pembelajaran dan 2 ahli desain pembelajaran. Uji coba perorangan terdiri dari 3 orang siswa, uji coba kelompok kecil terdiri dari 9 orang siswa dan uji lapangan terdiri dari 35 orang siswa. Cara pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling pada uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil dan teknik cluster random sampling pada uji lapangan. Sebelum uji coba terlebih dulu dilakukan validasi oleh ahli materi, ahli media dan ahli desain untuk mengetahui kelayakan modul.
Hasil penelitian menunjukkan; (1) Validasi ahli materi pelajaran Keterampilan Kerajinan dalam kriteria sangat baik (80,15%), (2) Validasi ahli media dalam kriteria sangat baik (95,14%), (3) Validasi ahli desain dalam kriteria sangat baik (96,13%), (4) Uji coba perorangan dalam kriteria sangat baik (88,61%), (5) Uji coba kelompok kecil dalam kriteria sangat baik (94,44%), (6) uji lapangan dalam kriteria sangat baik (95,56%). Dengan demikian, pengembangan media pembelajaran sulam pita layak digunakan dalam pembelajaran keterampilan kerajinan siswa kelas VIII SMP.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.5 Sun p |
Keywords: | Hakikat pembelajaran; Keterampilan kerajinan; Sulam pita; Hakekat modul; Hasil uji coba |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LT Textbooks N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Jul 2016 07:46 |
Last Modified: | 26 Jul 2016 07:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6882 |