Harahap, Prima Khuayan (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING KAKI BAGIAN DALAM PADA PERMAINAN SEPAKBOLA MELALUI MODIFIKASI ALAT PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 060925 KEC. MEDAN AMPLAS TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6103311181 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 6103311181 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (496kB) | Preview
3. NIM. 6103311181 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4. NIM. 6103311181 PREFACE.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
5. NIM. 6103311181 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM. 6103311181 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 6103311181 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 6103311181 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
9. NIM. 6103311181 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
14. NIM. 6103311181 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah diajarkan melalui modifikasi alat pembelajaran pada materi passing kaki bagian dalam pada permainan sepakbola di kelas V SD Negeri 060925 Kec. Medan Amplas.Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 060925 Kec. Medan Amplas Tahun Ajaran 2015/2016, waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2015. Objekdalam penelitian ini adalah Siswa Kelas V jumlah 26 orang siswa, 9putradan 17putriyang akan diberikan tindakan berupa pembelajaran melalui modifikasi alat terhadap hasil belajarpassing kaki bagian dalam.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan test hasil belajar, diakhiri setiap siklus yang berbentuk penilaian fortofolio teknik dasar passing kaki bagian dalam permainan sepakbola dengan pelaksanaan penelitian test hasil belajar ini dilaksanakan pada tanggal 8 s/d 15 selama dua minggu atau dua kali pertemuananalisis data dilakukan dengan reduksi data dan paparan data yang terdiri dari dua siklus.
Setelah data terkumpul dilakukan analisis, maka diperoleh hasil analisisnya:hasil belajar sebelum menggunakan variasi pembelajaran (pretest)dari 26 siswa yang mencapai standard KKM adalah 5 orang (19,23%), sedangkan yang belum mencapai standard KKM adalah 21 orang (80,77%) maka rata-ratanya diperoleh 58,33. Kemudian diberikan penerapan melalui variasi padatest siklus I dari 26 siswa yang mencapai standard KKM adalah 15 orang (57,69%), sedangkan yang belum mencapai standard KKM adalah 11 orang (42,31%) maka rata-ratanya diperoleh 68,90 (Tidak Tuntas). Hasil test siklus II dari 26 siswa yang mencapai standard KKM adalah 22 orang (84,61%) sedangkan yang belum mencapai standard KKM adalah 4 orang (15,39%) maka rata-ratanya diperoleh 80,76 (Tuntas). Peningkatannilairata-rata hasil belajar siklus I dan siklus II adalah 11,86.Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa melalui alat modifikasi pembelajaran memberikan pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar passing kaki bagian dalam permainan sepakbola pada siswa kelas V SD Negeri 060925 Kec. Medan Amplas Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IKOR 001 |
Keywords: | Pendidikan Jasmani;Sepak Bola;Bola Karet |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 26 Jul 2016 04:30 |
Last Modified: | 26 Jul 2016 04:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6869 |