Aruan, Theodora (2015) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH PENGETAHUAN ALAT PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN MAKANAN PROGRAM STUDI TATA BOGA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136122059_COVER.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
2. NIM. 8136122059_LEMBAR PENGESAHAN, PERSETUJUAN & PLAGIAT.pdf - Published Version
Download (482kB) | Preview
3. NIM. 8136122059_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
4. NIM. 8136122059_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
5. NIM. 8136122059_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM. 8136122059_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
7. NIM. 8136122059_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
8. NIM. 8136122059_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
9. NIM. 8136122059_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
10. NIM. 8136122059_BAB I.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
14. NIM. 8136122059_BAB V.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
15. NIM. 8136122059_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengembangkan multimedia pembelajaran pada mata kuliah Pengetahuan Alat Pengolahan dan Penyajian Makanan yang layak digunakan pada mahasiswa program studi Tata Boga. (2) Untuk mengetahui efektifitas multimedia pembelajaran pada mata kuliah Pengetahuan Alat Pengolahan dan Penyajian Makanan program studi Tata Boga.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Borg and Gall yang dipadu dengan model desain pembelajaran dari Dick and Carey. Metode penelitian ini terdiri dari dua tahapan, yang mana pada tahap I merupakan tahap uji coba produk yang terdiri dari: (1) validasi ahli desain pembelajaran, (2) validasi ahli materi pelajaran, (3) validasi ahli media pembelajaran, (4) uji coba perorangan, (5) uji coba kelompok kecil, dan (6) uji coba lapangan terbatas. Adapun Analisi data dalam penelitian pengembangan ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, semua data yang terkumpul dianalisis dengan teknik statistik deskriptif kuantitatif yang secara kuantitatif dipisahkan menurut kategori untuk mempertajam penilaian dalam menarik kesimpulan.
Subjek uji coba produk dalam penelitian ini terdiri dari dua ahli desain pembelajaran, dua ahli materi pengetahuan alat pengolahan dan penyajian makanan, dua ahli media pembelajaran, tiga orang mahasiswa untuk uji coba perorangan, sembilan orang mahasiswa untuk uji coba kelompok kecil, dan 48 orang mahasiswa untuk uji coba lapangan terbatas. Data-data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan melalui angket dan dianalisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) uji ahli desain pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik (82,17%), (2) uji ahli materi berada pada kualifikasi sangat baik (89,5%), (3) uji ahli media berada pada kualifikasi sangat baik (85%), (4) uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat baik (87%), (5) uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat baik (86%), dan (6) uji coba lapangan terbatas berada pada kualifikasi sangat baik (83,8%).
Produk akhir dari pengembangan media ini dilanjutkan dengan uji keefektifan produk. Penelitian dilakukan pada mahasiswa jurusan PKK program studi Tata Boga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen. Dengan membandingkan tes hasil belajar kelas yang menggunakan multimedia dengan hasil belajar kelas tanpa menggunakan multimedia. Sampel kelas eksperimen 34 orang dan kelas kontrol 39 orang. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar pengetahuan alat pengolahan dan penyajian makanan yang diajarkan dengan menggunakan multimedia pembelajaran dan hasil belajar presentasi menggunakan powerpoint. Hal ini ditunjukkan berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh thitung > ttabel atau 11,89 > 1,99 atau dengan kata lain Ho ditolak dan Ha diterima.
Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar mahasiswa yang menggunakan multimedia pembelajaran sebesar 85,44% lebih tinggi dari pada mahasiswa presentasi menggunakan powerpoint sebesar 64,93%. Disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran yang dikembangkan mampu meningkatkan hasil belajar mahasiswa efektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.238 Aru p |
Keywords: | Multimedia pembelajaran; Adobe flash professional; Pembelajaran pengetahuan alat |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Jul 2016 03:30 |
Last Modified: | 26 Jul 2016 03:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6858 |