Wulandari, Try Yayuk Junita (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN APLIKASI MACROMEDIA FLASH 8.0 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII SMP SWASTA DWITUNGGAL TANJUNG MORAWA. Masters thesis, UNIMED.
1. JUDUL.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN,PERSETUJUAN ,PLAGIAT.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
3. ABSTRAK m.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk :”menghasilkan produk media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang layak digunakan, mudah dipelajari pebelajar dan dapat dipakai untuk pembelajaran individual”. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Borg dan Gall yang dipadu dengan model desain pembelajaran Dick dan Carey.
Metode penelitian terdiri dari: (1) validasi ahli materi pelajaran, (2) validasi ahli desain pembelajaran, (3) validasi ahli media pembelajaran, (4) uji coba perorangan, (5) uji coba kelompok kecil, dan (6) uji coba lapangan terbatas.
Subjek uji coba terdiri dari dua ahli materi pelajaran Biologi, dua ahli desain pembelajaran, dua ahli media pembelajaran, tiga orang siswa untuk uji coba perorangan, Sembilan siswa untuk uji coba kelompok kecil dan 69 orang siswa untuk uji lapangan terbatas. Data-data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket dan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian produk akhir menunjukkan: (1) uji ahli materi berada pada kualifikasi sangat baik (88,88%), (2) uji ahli desain pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik (87,77%), (3) uji ahli media pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik (84,44%), (4) uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat baik (84,12%), (5) uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat baik (89,97%), dan (6) uji coba lapangan terbatas berada pada kualifikasi sangat baik (92,02%), dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran Matematika.
Produk akhir dari pengembangan buku ajar ini dilanjutkan dengan keefektifan produk. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VIISMP Swasta Dwitunggal Tanjung Morawa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen. Sampel penelitian sebanyak 40 orang siswa yang terdiri dari 20 orang siswa sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan buku ajar dan 20 orang siswa lain sebagai kelas kontrol yang menggunakan buku teks sebagaimana yang berlangsung selama ini dalam proses pembelajaran.
Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan buku ajar dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan buku teks. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data diperoleh thitung = 6,557 > ttabel= 2,024, dengan dk = (n1+n2-2) pada taraf signifikansi α =0,05. Disimpulkan bahwa hasil belajar kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan buku ajar sebesar 78,38% lebih tinggi dari kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan buku teks sebesar 65,71%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.7 Wul p |
Keywords: | Belajar matematika; Media pembelajaran; Macromedia flash |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA75.5 Electronic computers. Computer science Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Jul 2016 02:46 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 04:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6854 |