PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN APLIKASI MACROMEDIA FLASH 8.0 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII SMP SWASTA DWITUNGGAL TANJUNG MORAWA

Wulandari, Try Yayuk Junita (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN APLIKASI MACROMEDIA FLASH 8.0 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII SMP SWASTA DWITUNGGAL TANJUNG MORAWA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. JUDUL.pdf]
Preview
Text
1. JUDUL.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN,PERSETUJUAN ,PLAGIAT.pdf]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN,PERSETUJUAN ,PLAGIAT.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[thumbnail of 3. ABSTRAK m.pdf]
Preview
Text
3. ABSTRAK m.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 4. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 9. BAB I.pdf]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of 13. BAB V.pdf]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk :”menghasilkan produk media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang layak digunakan, mudah dipelajari pebelajar dan dapat dipakai untuk pembelajaran individual”. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Borg dan Gall yang dipadu dengan model desain pembelajaran Dick dan Carey.
Metode penelitian terdiri dari: (1) validasi ahli materi pelajaran, (2) validasi ahli desain pembelajaran, (3) validasi ahli media pembelajaran, (4) uji coba perorangan, (5) uji coba kelompok kecil, dan (6) uji coba lapangan terbatas.
Subjek uji coba terdiri dari dua ahli materi pelajaran Biologi, dua ahli desain pembelajaran, dua ahli media pembelajaran, tiga orang siswa untuk uji coba perorangan, Sembilan siswa untuk uji coba kelompok kecil dan 69 orang siswa untuk uji lapangan terbatas. Data-data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket dan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian produk akhir menunjukkan: (1) uji ahli materi berada pada kualifikasi sangat baik (88,88%), (2) uji ahli desain pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik (87,77%), (3) uji ahli media pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik (84,44%), (4) uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat baik (84,12%), (5) uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat baik (89,97%), dan (6) uji coba lapangan terbatas berada pada kualifikasi sangat baik (92,02%), dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran Matematika.
Produk akhir dari pengembangan buku ajar ini dilanjutkan dengan keefektifan produk. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VIISMP Swasta Dwitunggal Tanjung Morawa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen. Sampel penelitian sebanyak 40 orang siswa yang terdiri dari 20 orang siswa sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan buku ajar dan 20 orang siswa lain sebagai kelas kontrol yang menggunakan buku teks sebagaimana yang berlangsung selama ini dalam proses pembelajaran.
Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan buku ajar dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan buku teks. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data diperoleh thitung = 6,557 > ttabel= 2,024, dengan dk = (n1+n2-2) pada taraf signifikansi α =0,05. Disimpulkan bahwa hasil belajar kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan buku ajar sebesar 78,38% lebih tinggi dari kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan buku teks sebesar 65,71%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.7 Wul p
Keywords: Belajar matematika; Media pembelajaran; Macromedia flash
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA75.5 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 26 Jul 2016 02:46
Last Modified: 29 Jul 2016 04:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6854

Actions (login required)

View Item
View Item