PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BADAR DAN SMP NEGERI 5 BADAR KAB. ACEH TENGGARA

Rahmawati, Sri (2015) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BADAR DAN SMP NEGERI 5 BADAR KAB. ACEH TENGGARA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.  (NIM. 8136122051) COVER.pdf]
Preview
Text
1. (NIM. 8136122051) COVER.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 2.  (NIM. 8136122051) LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. (NIM. 8136122051) LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (407kB) | Preview
[thumbnail of 3.  (NIM. 8136122051) ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. (NIM. 8136122051) ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 4.  (NIM. 8136122051) KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. (NIM. 8136122051) KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of 5.  (NIM. 8136122051) DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. (NIM. 8136122051) DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 6. (NIM. 8136122051) DAFTAR  TABEL.pdf]
Preview
Text
6. (NIM. 8136122051) DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 7. (NIM. 8136122051) DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. (NIM. 8136122051) DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. (NIM. 8136122051) DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. (NIM. 8136122051) DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 9. (NIM. 8136122051) BAB I.pdf]
Preview
Text
9. (NIM. 8136122051) BAB I.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 13. (NIM. 8136122051) BAB V.pdf]
Preview
Text
13. (NIM. 8136122051) BAB V.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of 14. (NIM. 8136122051) DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. (NIM. 8136122051) DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh hasil belajar IPS siswa dengan menggunakan media pembelajaran animasi dan media pembelajaran gambar diam, untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh hasil belajar IPS siswa yang memiliki gaya belajar visual dan gaya belajar auditori, untuk mengetahui dan mendeskripsikan interaksi antara media pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar IPS siswa.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang berada di kelas VIII SMPN 1 Badar dan SMPN 5 Badar dimana sampel diambil dengan menggunakan cluster random sampling dan ditetapkan kelas pertama yaitu SMPN 1 Badar diterapkan media pembelajaran animasi dan kelas kedua yaitu SMPN 5 Badar diterapkan media pembelajaran gambar diam. Sebelum perlakuan diberikan, terlebih dahulu sampel penelitian diberikan tes gaya belajar untuk membedakan gaya belajar siswa. Sebelum tes hasil belajar digunakan untuk menguji hipotesis terlebih dahulu tes diujicobakan untuk mengetahui tingkat validitas dan reliabilitas tes. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan Anava 2 jalur dimana sebelumnya dilakukan uji persyaratan data yaitu uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan oleh F = 10,53 > F = 3,28 pada taraf signifikan α = 0,05. Terdapat pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan oleh F = 5,19 > F = 3,28 pada taraf signifikan α = 0,05 dan terdapat interaksi antara media pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan oleh F = 4,44 > F = 3,28 pada taraf signifikan α = 0,05.
Hasil penelitian disimpulkan sebagai berikut; media pembelajaran animasi lebih baik diterapkan pada siswa yang memiliki gaya belajar visual sedangkan media pembelajaran gambar diam akan lebih baik diterapkan pada siswa yang memiliki gaya belajar auditori serta terdapat interaksi antara media pembelajaran dan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar siswa. Dan disarankan bagi guru untuk memperhatikan penggunaan media pembelajaran dalam mengajar pelajaran IPS di sekolah, dan bagi para pengelola lembaga pendidikan perlu memberikan pelatihan tentang pembuatan media pembelajaran agar pembelajaran IPS sesuai dengan tujuan yang diharapkan dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.83 Rah p
Keywords: Hasil belajar IPS; Media pembelajaran; Gaya belajar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LT Textbooks
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 25 Jul 2016 09:07
Last Modified: 25 Jul 2016 09:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6846

Actions (login required)

View Item
View Item