Rahmawati, Sri (2015) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BADAR DAN SMP NEGERI 5 BADAR KAB. ACEH TENGGARA. Masters thesis, UNIMED.
1. (NIM. 8136122051) COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2. (NIM. 8136122051) LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (407kB) | Preview
3. (NIM. 8136122051) ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
4. (NIM. 8136122051) KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
5. (NIM. 8136122051) DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
6. (NIM. 8136122051) DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
7. (NIM. 8136122051) DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. (NIM. 8136122051) DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. (NIM. 8136122051) BAB I.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
13. (NIM. 8136122051) BAB V.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
14. (NIM. 8136122051) DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh hasil belajar IPS siswa dengan menggunakan media pembelajaran animasi dan media pembelajaran gambar diam, untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh hasil belajar IPS siswa yang memiliki gaya belajar visual dan gaya belajar auditori, untuk mengetahui dan mendeskripsikan interaksi antara media pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar IPS siswa.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang berada di kelas VIII SMPN 1 Badar dan SMPN 5 Badar dimana sampel diambil dengan menggunakan cluster random sampling dan ditetapkan kelas pertama yaitu SMPN 1 Badar diterapkan media pembelajaran animasi dan kelas kedua yaitu SMPN 5 Badar diterapkan media pembelajaran gambar diam. Sebelum perlakuan diberikan, terlebih dahulu sampel penelitian diberikan tes gaya belajar untuk membedakan gaya belajar siswa. Sebelum tes hasil belajar digunakan untuk menguji hipotesis terlebih dahulu tes diujicobakan untuk mengetahui tingkat validitas dan reliabilitas tes. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan Anava 2 jalur dimana sebelumnya dilakukan uji persyaratan data yaitu uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan oleh F = 10,53 > F = 3,28 pada taraf signifikan α = 0,05. Terdapat pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan oleh F = 5,19 > F = 3,28 pada taraf signifikan α = 0,05 dan terdapat interaksi antara media pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan oleh F = 4,44 > F = 3,28 pada taraf signifikan α = 0,05.
Hasil penelitian disimpulkan sebagai berikut; media pembelajaran animasi lebih baik diterapkan pada siswa yang memiliki gaya belajar visual sedangkan media pembelajaran gambar diam akan lebih baik diterapkan pada siswa yang memiliki gaya belajar auditori serta terdapat interaksi antara media pembelajaran dan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar siswa. Dan disarankan bagi guru untuk memperhatikan penggunaan media pembelajaran dalam mengajar pelajaran IPS di sekolah, dan bagi para pengelola lembaga pendidikan perlu memberikan pelatihan tentang pembuatan media pembelajaran agar pembelajaran IPS sesuai dengan tujuan yang diharapkan dapat tercapai.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Rah p |
Keywords: | Hasil belajar IPS; Media pembelajaran; Gaya belajar |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LT Textbooks |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 25 Jul 2016 09:07 |
Last Modified: | 25 Jul 2016 09:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6846 |