Hasanuddin (2015) PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KREATIVITAS SISWA SMP NEGERI 1 HINAI KABUPATEN LANGKAT. Masters thesis, UNIMED.
COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan memanfaatkan media komputer dan media Cart, (2) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa yang memiliki kreativitas tinggi dan kreativitas rendah, dan (3) untuk mengetahui interaksi antara pemanfaatan media pembelajaran dan kreativitas dalam mempengaruhi hasil belajar matematika siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini berjumlah 200 orang yang berasal dari 5 kelas VIII (delapan) siswa SMP Negeri 1 Hinai Kecamatan Hinai. Sedangkan sampel berjumlah 80 orang yang diambil dari 2 (dua) kelas dengan menggunakan cluster random sampling. Sebelum perlakuan diberikan, terlebih dahulu diberikan angket kreativitas siswa untuk membedakan taraf tinggi dan rendah. Tes hasil belajar yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian terlebih dahulu diujicobakan untuk mengetahui tingkat validitas dan reliabilitas tes. Hasil yang diperoleh dari 50 soal yang diujicobakan ternyata sebanyak 40 soal yang memenuhi persyaratan (valid). Koefisien reliabilitas tes hasil belajar matematika siswa sebesar 0,819, dan koefisien reliabilitas kreativitas siswa sebesar 0,658. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan statistik inferensial untuk menguji hipotesis penelitian. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan Anava 2 jalur. Sebelum teknik analisis digunakan, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dengan uji Lilliefors dan uji homogenitas varians dengan uji Bartlett dan Uji Fisher.
Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa : (1) hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan memanfaatkan media komputer lebih tinggi dari pada siswa yang dibelajarkan dengan memanfaatkan media Cart. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 17,11 > Ftabel = 3,12 pada taraf signifikan = 0,05, (2) siswa yang memiliki kreativitas tinggi memperoleh hasil belajar matematika yang lebih tinggi daripada siswa yang memiliki kreativitas rendah. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 95,52 > Ftabel = 3,12 pada taraf signifikan = 0,05, dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran memanfaatkan media pembelajaran terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kreativitas siswa. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 39,27 > Ftabel = 3,12 pada taraf signifikan = 0,05 dengan dk = ( 1,76).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.7 Has p |
Keywords: | Hakikat matematika; Hakikat kreativitas; Media komputer |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 25 Jul 2016 08:49 |
Last Modified: | 25 Jul 2016 08:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6840 |