Sitepu, Delvina Br (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN GANDA TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI JASA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 IDANOGAWO. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136121006 COVER.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2. NIM. 8136121006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
3. NIM. 8136121006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
4. NIM. 8136121006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
5. NIM. 8136121006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM. 8136121006 TABLES.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
7. NIM. 8136121006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 8136121006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
12. NIM. 8136121006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
13. NIM. 8136121006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui kelompok siswa yang diajar dengan model pembelajaran NHT memperoleh hasil belajar akuntansi jasa lebih tinggi dibanding kelompok siswa yang diajar dengan model pembelajaran TPS, (2) untuk mengetahui hasil belajar Akuntansi Jasa siswa kelas X Akuntansi SMK yang memiliki kecerdasan interpersonal lebih tinggi daripada siswa yang memiliki kecerdasan intrapersonal (3) untuk mengetahui adanya interaksi antara TPS dan kecerdasan ganda dalam mempengaruhi hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Akuntansi Jasa.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Idanogawo semester Ganjil tahun ajaran 2015/2016. Yang pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling berjumlah 72 siswa yang terdiri dari 35 siswa kelas X-A1 yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran NHT dan 37 siswa kelas X- A2 yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran TPS. Instrumen penelitian ini untuk mengukur hasil belajar digunakan tes berbentuk pilihan ganda dengan 5 pilihan jawaban dengan jumlah soal sebanyak 40 soal dengan koefisien reliabilitas 0,922 sedangkan untuk mendapatkan data tentang kecerdasan siswa digunakan instrumen tes yang sudah valid. Teknik analisis data adalah Anava dua jalur pada taraf signifikansi α = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe.
Hasil penelitian adalah: (1) rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran NHT = 26,14 lebih tinggi dari pada rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran TPS = 21,51 dengan Fhitung = 6,23 > Ftabel = 3,98 (2) rata-rata hasil belajar siswa dengan kecerdasan interpersonal = 27,81 lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa dengan kecerdasan intrapersonal = 22,17 dengan Fhitung = 24,69 > Ftabel = 3,98 (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kecerdasan ganda terhadap hasil belajar Akuntansi Jasa kelas X Akuntansi SMK dengan Fhitung = 21,42 > Ftabel = 3,98
Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa model pembelajaran yang tepat digunakan pada siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal adalah Model Pembelajaran NHT sedangkan siswa dengan Kecerdasan Intrapersonal, model yang tepat digunakan adalah model pembelajaran TPS . Implikasi dari penelitian ini secara khusus ditujukan kepada guru Akuntansi Jasa yaitu dalam penerapan model pembelajaran memperhatikan karakteristik siswa khususnya karakteristik kecerdasan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.246 Sit p |
Keywords: | Model pembelajaran; Kecerdasan ganda; Hasil belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 25 Jul 2016 08:05 |
Last Modified: | 25 Jul 2016 08:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6835 |