PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN POTENSI AKADEMIK TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA SMK NEGERI JURUSAN AKUNTANSI KOTA MEDAN

Nurwendari, Weny (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN POTENSI AKADEMIK TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA SMK NEGERI JURUSAN AKUNTANSI KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8136121034 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8136121034 COVER.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8136121034 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8136121034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8136121034 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8136121034 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8136121034 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8136121034 PREFACE.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8136121034 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8136121034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8136121034 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8136121034 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8136121034 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8136121034 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8136121034 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8136121034 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8136121034 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8136121034 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8136121034 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8136121034 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8136121034 BIBLIOGRAPHY .pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8136121034 BIBLIOGRAPHY .pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui hasil belajar Akuntansi siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Creative Problem Solving lebih tinggi daripada hasil belajar Akuntansi siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning, (2) untuk mengetahui hasil belajar Akuntansi siswa yang memiliki Potensi Akademik tinggi akan lebih tinggi daripada hasil belajar Akuntansi siswa yang memiliki Potensi Akademik rendah (3) untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran dengan Potensi Akademik terhadap hasil belajar Akuntansi.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri Jurusan Akuntansi Kota Medan sebanyak 8 kelas dengan jumlah 303 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling berjumlah 78 siswa yang terdiri dari 40 siswa kelas X-AKT 3 yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving dan 38 siswa kelas X-AKT 2 yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Instrumen penelitian ini untuk mengukur hasil belajar digunakan tes berbentuk pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban dengan jumlah soal sebanyak 30 soal dengan koefisien reliabilitas 0,9131 sedangkan untuk menjaring data Potensi Akademik yang dilakukan oleh psikolog, yang menentukan siswa mana yang memiliki Potensi Akademik tinggi dan rendah. Teknik analisis data adalah Anava dua jalur pada taraf signifikansi α = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe.
Hasil penelitian adalah: (1) rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Creative Problem Solving = 23,00 lebih tinggi dari pada rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning = 21,24 dengan Fhitung = 5,82 > Ftabel = 3,97 (2) rata-rata hasil belajar siswa dengan potensi akademik tinggi = 22,93 lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa dengan potensi akademik rendah = 21,42 dengan Fhitung = 3,98 > Ftabel = 3,97 (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan potensi akademik dalam mempengaruhi hasil belajar Akuntansi dengan Fhitung = 13,55 > Ftabel = 3,97.
Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa model pembelajaran yang tepat digunakan pada siswa yang memiliki potensi akademik tinggi adalah model pembelajaran Creative Problem Solving sedangkan siswa dengan potensi akademik rendah, model pembelajaran yang tepat digunakan adalah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Implikasi dari penelitian ini secara khusus ditujukan kepada guru Akuntansi yaitu dalam penerapan model pembelajaran yang memperhatikan karakteristik siswa khususnya Potensi Akademik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 373.246 Nur p
Keywords: Hakikat belajar; Akuntansi; Model pembelajaran; Potensi akademik
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 25 Jul 2016 07:55
Last Modified: 25 Jul 2016 07:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6834

Actions (login required)

View Item
View Item