Nurwendari, Weny (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN POTENSI AKADEMIK TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA SMK NEGERI JURUSAN AKUNTANSI KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136121034 COVER.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
2. NIM. 8136121034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
3. NIM. 8136121034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
4. NIM. 8136121034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
5. NIM. 8136121034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
6. NIM. 8136121034 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7. NIM. 8136121034 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 8136121034 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 8136121034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
13. NIM. 8136121034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
14. NIM. 8136121034 BIBLIOGRAPHY .pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui hasil belajar Akuntansi siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Creative Problem Solving lebih tinggi daripada hasil belajar Akuntansi siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning, (2) untuk mengetahui hasil belajar Akuntansi siswa yang memiliki Potensi Akademik tinggi akan lebih tinggi daripada hasil belajar Akuntansi siswa yang memiliki Potensi Akademik rendah (3) untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran dengan Potensi Akademik terhadap hasil belajar Akuntansi.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri Jurusan Akuntansi Kota Medan sebanyak 8 kelas dengan jumlah 303 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling berjumlah 78 siswa yang terdiri dari 40 siswa kelas X-AKT 3 yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving dan 38 siswa kelas X-AKT 2 yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Instrumen penelitian ini untuk mengukur hasil belajar digunakan tes berbentuk pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban dengan jumlah soal sebanyak 30 soal dengan koefisien reliabilitas 0,9131 sedangkan untuk menjaring data Potensi Akademik yang dilakukan oleh psikolog, yang menentukan siswa mana yang memiliki Potensi Akademik tinggi dan rendah. Teknik analisis data adalah Anava dua jalur pada taraf signifikansi α = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe.
Hasil penelitian adalah: (1) rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Creative Problem Solving = 23,00 lebih tinggi dari pada rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning = 21,24 dengan Fhitung = 5,82 > Ftabel = 3,97 (2) rata-rata hasil belajar siswa dengan potensi akademik tinggi = 22,93 lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa dengan potensi akademik rendah = 21,42 dengan Fhitung = 3,98 > Ftabel = 3,97 (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan potensi akademik dalam mempengaruhi hasil belajar Akuntansi dengan Fhitung = 13,55 > Ftabel = 3,97.
Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa model pembelajaran yang tepat digunakan pada siswa yang memiliki potensi akademik tinggi adalah model pembelajaran Creative Problem Solving sedangkan siswa dengan potensi akademik rendah, model pembelajaran yang tepat digunakan adalah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Implikasi dari penelitian ini secara khusus ditujukan kepada guru Akuntansi yaitu dalam penerapan model pembelajaran yang memperhatikan karakteristik siswa khususnya Potensi Akademik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.246 Nur p |
Keywords: | Hakikat belajar; Akuntansi; Model pembelajaran; Potensi akademik |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 25 Jul 2016 07:55 |
Last Modified: | 25 Jul 2016 07:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6834 |