Barus, Rinaldi (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN DENGAN MODIFIKASI ALAT PADA SISWA/I KELAS X SMA NEGERI 2 KABANJAHE KABUPATEN KARO TAHUN AJARAN 2015/ 2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
02. PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (500kB) | Preview
03. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
04. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
05. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
06. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
07. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
08. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
09. BAB I.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Kabanjahe Kabupaten KaroTahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dimana setiap siklus berisikan tindakan berupa pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan variasi pembelajaran dengan modifikasi alat yang disesuaikan dengan materi pembelajaran. Objek dalam penelitian ini adalah kelas X-2 SMA Negeri 2 Kabanjahe Kabupaten Karo Tahun Ajaran 2015/2016 dengan subjek penelitian sebanyak 32 orang. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research).Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar I dan tes hasil belajar II yang berbentuk aplikasi teknik dasar passing bawah sebanyak dua kali pertemuan.
Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil analisisnya : (1) Pada siklus I setelah tes hasil belajar I dapat dilihat bahwa dari 32 orang siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata hanya 18 orang siswa (56,25%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 14 orang siswa (43,75%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata – rata yang diperoleh hanya mencapai 70,56. (2) Pada siklus II dapat dilihat bahwa ternyata dari 32 orang siswa, terdapat 28 orang siswa yang tuntas (87,50%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 4 orang siswa (12,50%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata – rata yang diperoleh hanya mencapai 80,31. Berdasarkan hal itu maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran melalui gaya mengajar variasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah dalam permainan bola voli pada siswa kelas X-2 SMA Negeri 2 Kabanjahe Kabupaten Karo Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PKR 001 |
Keywords: | Bola Voli;Passing Bawah Bola Voli;Pendidikan Jasmani |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Jul 2016 06:46 |
Last Modified: | 25 Jul 2016 06:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6824 |