Rianto, Edvin Rio (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SHOOTING BOLA BASKET MELALUI GAYA MENGAJAR RESIPROKAL DENGAN MEMODIFIKASI ALAT PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS X MAN 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. cover.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
15. Lembar Persetujuan.pdf - Published Version
Download (409kB) | Preview
2. Abstrak.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
3. Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
4. Daftar isi.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
5. Daftar tabel.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
6. Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
7. Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
8. BAB I .pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
12.BAB V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
13. Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar resiprokal dengan memodifikasi alat pembelajaran terhadap upaya peningkatan hasil belajar shooting bola basket pada siswa kelas X MAN 1 Medan Tahun Ajaran 2015/2016. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA2 dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang, terdiri dari 12 orang siswa putra dan 18 orang siswa putri.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari satu pertemuan melalui empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Untuk memperoleh data hasil belajar dalam penelitian ini dilakukan pot test pada akhir setiap siklus yang berbentuk aplikasi dari teknik dasar shooting bola basket. Proses penilaian pada penelitan ini menggunakan lembar portofolio tes shooting bola basket. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi dan paparan data.
Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I, terdapat 17 orang siswa (56,67%) berhasil mencapai ketuntasan dalam belajar, sedangkan 13 orang siswa (43,33%) belum mencapai ketuntasan dalam belajar dengan nilai rata-rata yang diperoleh kelas adalah 76,44. Pada siklus II terjadi peningkatan ketuntasan dalam belajar, yaitu: terdapat 26 orang siswa (86,67%) yang tuntas dan 4 orang siswa (13,33%) tidak tuntas dalam belajar, sedangkan nilai rata-rata yang diperoleh kelas adalah 84,67. Peningkatan Persentase Ketuntasan Klasikal dari siklus I ke siklus II sebesar 30%. Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penerapan gaya mengajar resiprokal dengan memodifikasi alat pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar shooting bola basket pada siswa kelas X MAN 1 Medan Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 PKR 061 |
Keywords: | Bola Basket; Gaya Mengajar; MOdifiakasi |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Jul 2016 04:32 |
Last Modified: | 25 Jul 2016 05:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6817 |