Pangestu, Ardy Prayogo (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PUKULAN FOREHAND PUSH TENIS MEJA MELALUI METODE DRILL DENGAN VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PANTAI CERMIN TAHUN AJARAN 2015/2016”. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6113311024 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. NIM. 6113311024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
3. NIM. 6113311024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4. NIM. 6113311024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
5. NIM. 6113311024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
6. NIM. 6113311024 TABLES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM. 6113311024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 6113311024 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
9. NIM. 6113311024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
13. NIM. 6113311024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
14. NIM. 6113311024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pukulan forehand push tenis meja melalui metode drill dengan variasi pembelajaran pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Pantai Cermin Tahun Ajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pantai Cermin. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Pantai Cermin yang berjumlah 32 orang diantaranya terdiri dari 14 siswa putra dan 18 siswa putri.
Dari hasil data awal yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam melakukan pukuan forehand push tenis meja masih rendah yaitu 14 siswa (43,75%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 18 siswa (56,25%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa. Kemudian pembelajaran tenis meja tepatnya pada materi pukulan forehand push diberikan pembelajaran metode drill dengan variasi pembelajaran. Dari tes hasil belajar siklus I diperoleh peningkatan menjadi 22 siswa (68,75%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 10 siswa (31,25%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata 72,92. Pada siklus II hasil belajar pukulan forehand push tenis meja yaitu 28 siswa (87,50%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 4 siswa (12,50%) belum mencapai tingkat ketuntasan dalam belajar. Dengan nilai rata-rata 77,08.Peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II adalah 4,16%. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa melalui metode drill dengan variasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar pukulan forehand push tenis meja pada siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Pantai Cermin Tahun Ajaran 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PKR 022 |
Keywords: | Tenis Meja; Pendidikan Jasmani; Forehand Push |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Jul 2016 02:48 |
Last Modified: | 25 Jul 2016 02:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6795 |