Lastriani, Elvi (2014) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN KONSUMEN DALAM PEMILIHAN MASKAPAI PENERBANGAN SEBAGAI ALAT TRANSPORTASI UDARA DI KOTA PEKANBARU. Jurnal PLANS (Penelitian Ilmu Manajemen & Bisnis), 09 (01). 01-11. ISSN 1978-7057
Cover, Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
Fulltext.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah faktor bauran pemasaran, faktor individual dan faktor lingkungan merupakan faktor yang dipertimbangankan konsumen dalam membuat keputusan untuk memilih maskapai penerbangan dan menganalisis diantara tiga faktor tersebut manakah faktor yang paling dipertimbangankan konsumen dalam memilih maskapai penerbangan sebagai alat transportasi udara di kota Pekanbaru.
Penelitian ini dilaksanakan terhadap 125 pemakai jasa penerbangan, dengan jumlah variabel sebanyak 25 variabel yang terdiri dari 15 faktor bauran pemasaran, 5 faktor individual dan 5 faktor lingkungan. Alat analisis yang digunakan adalah Analisis Faktor konfirmatory.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 23 variabel mengelompok menjadi 7 faktor yang memiliki eugine value lebih besar dari 1 dengan prosentase total varian sebesar 65,024%. Ketujuh faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam memilih maskapai penerbangan di kota Pekanbaru berdasarkan urutan besarnya prosentase variannya adalah 1). Faktor Kenyamanan (26,052%), 2). Faktor Individual (8,950%), 3). Faktor Produk (8,224%), 4). Faktor Lingkungan (6,518%), 5). Faktor Referensi (5,568), 6). Faktor Harga (5,40%) dan 7). Faktor Motivasi (4,313%). Dengan demikian maka faktor yang paling dipertimbangkan oleh konsumen adalah faktor dengan variasi tertinggi yaitu Faktor Kenyamanan. Sedangkan KMO = 0,775 dan Bartlett Test = 0,000.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Maskapai penerbangan; Transportasi udara; Konsumen |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB801 Consumption. Demand H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE9761 Air transportation. Airlines H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5410 Marketing. Distribution of products |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 25 Jul 2016 03:06 |
Last Modified: | 25 Jul 2016 03:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6793 |