surabina, nelly (2016) PEGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 101771 TEMBUNG KECAMATAN PERCUT SEI TUAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. Cover.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
2. Lembar Persetujuan.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
3. Abstrak.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
4. Kata Penghantar.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5. Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
6. BAB I.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
9. BAB IV.pdf - Published Version
Download (89MB) | Preview
10. BAB V.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
11. Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Team Quiz pada mata pelajaran IPS materi pokok tokoh-tokoh penting dalam peristiwa proklamasi kemerdekaan indonesia
Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus, yang terdiri atas 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 30 siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi pokok tokoh-tokoh penting dalam peristiwa proklamasi kemerdekaan indonesia dengan menerapkan model pembelajaran Team Quiz. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 101771 Tembung. Alat pengumpul data yang digunakan adalah observasi motivasi belajar siswa dan guru.
Hasil penelitian yang diperoleh selama pengamatan menunjukkan adanya peningkatan pada setiap siklus Yaitu : Pada siklus I Pertemuan I diperoleh data bahwa sekitar 33,33% yang motivasi belajarnya tergolong sangat rendah, Pada siklus I pertemuan II diperoleh data bahwa sekitar 50,00% yang motivasi belajarnya tergolong rendah , Pada siklus II pertemuan I diperoleh data bahwa 73,33% yang motivasi belajarnya tergolong sedang, dan Pada siklus II pertemuan II diperoleh data bahwa 93,33% yang motivasi belajarnya tergolong sangat tinggi.
Dari penelitian tindakan ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Team Quiz pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, sebaiknya penerapan model pembelajaran Team Quiz digunakan guru sebagai salah satu alternatif guru dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, maupun pada mata pelajaran lainnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Sk- 2016 PGSd 175 |
Keywords: | Team Quiz; Motivasi Belajar; |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Jul 2016 08:12 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 08:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6784 |