hutabalian, lasria (2016) HUBUNGAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DENGAN MINAT BELAJAR SISWA DI KELAS V SD NEGERI 106163 BANDAR KLIPPA T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2 LEMBAR PERSETUJUAN .pdf - Published Version
Download (481kB) | Preview
3 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
4 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
5 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
9 BAB I.pdf - Published Version
Download (415kB) | Preview
13 BAB V.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan status sosial ekonomi orang tua dengan minat belajar siswa di kelas V SD negeri 106163 Bandar Klippa. Hipotesis yang diajukan adalah diduga bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dengan Minat Belajar Siswa di Kelas V SD Negeri 106163 Bandar Klippa.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif korelasional. Penetapan sampel penelitian ini adalah penelitian populasi karena sampelnya kurang dari 100. Populasi dalam penelitian ini adalah 64 orang Untuk memperoleh data yang diperlukan, maka dalam penelitian ini peneliti menggunakan alat pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi.
Selanjutnya hasil analisis data dengan uji Korelasi Product Moment, diperoleh koefisien korelasi rhitung = 0,252 dengan rtabel = 0,250 pada taraf kepercayaan 95% dan alpha 5%. Dengan demikian 0,252 > 0,250 atau nilai rhitung lebih besar daripada nilai rtabel maka, kreativitas guru memiliki hubungan yang positif terhadap minat belajar siswa . Untuk mengetahui signifikansi hubungan status sosial ekonomi orang tua dengan minat belajar siswa digunakan rumus uji t. Dari uji tersebut diperoleh thitung = 2,02 dengan ttabel = 1,999 pada taraf kepercayaan 95% dan alpha 5%. Dengan demikian 2,02 > 1,99 atau nilai thitung lebih besar daripada nilai ttabel sehingga dapat dikatakan signifikan.
Berdasarkan pembahasan dan analisis data dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan “Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara status sosial ekonomi orang tua dengan minat belajar siswa di kelas V SD Negeri 106163 Bandar Klippa” dapat diterima. Dimana, semakin tinggi status sosial ekonomi orang tua maka semakin tinggi minat belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK- 2016 PGSD 171 |
Keywords: | Status Sosial Ekonomi Orang Tua; Minat Belajar Siswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ2042 Life style |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Jul 2016 08:01 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 08:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6782 |