Dalimunthe, Desi Hartini (2016) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 105291 SAENTIS T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1123111016 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 1123111016 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (495kB) | Preview
3. NIM. 1123111016 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
4. NIM. 1123111016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
5. NIM. 1123111016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
6. NIM. 1123111016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
7. NIM. 1123111016 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
8. NIM. 1123111016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
9. NIM. 1123111016 BAB I.pdf - Published Version
Download (481kB) | Preview
13. NIM. 1123111016 BAB V.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
14. NIM. 1123111016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Proses pembelajaran IPS yang dilakukan guru cenderung masih bersifat teacher center dimana guru cenderung mendominasi proses pembelajaran dan kurang melibatkan siswa aktif dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining pada mata pelajaran IPS materi pokok Jasa dan Peran Tokoh dalam Persiapan Proklamasi Kemerdekaan.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus, yang terdiri atas 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri 105291 Saentis yang berjumlah 30 orang siswa, yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 18 siswi perempuan. Ada pun alat pengumpulan data pada saat penelitian yaitu menggunakan lembar observasi motivasi belajar siswa dan angket, serta lembar observasi kemampuan guru.
Hasil yang diperoleh pada lembar observasi motivasi belajar siswa pada siklus I pertemuan I diperoleh data bahwa siswa yang memiliki motivasi rendah sebanyak 10 orang atau 33,3%, siswa yang memiliki motivasi cukup sebanyak 14 orang atau 46,6%, dan siswa yang memiliki motivasi tinggi sebanyak 6 orang atau 20%. Dan pada siklus I pertemuan II diperoleh data bahwa siswa yang memiliki motivasi rendah sebanyak 5 orang atau 16,6%, siswa yang memiliki motivasi cukup sebanyak 15 orang atau 50% , siswa yang memiliki motivasi tinggi sebanyak 9 orang atau 30% dan siswa yang memiliki motivasi sangat tinggi sebanyak 1 orang atau 3,33%. Hasil tersebut perlu dilakukan perbaikan pada siklus II. Selanjutnya diperoleh data pada siklus II pertemuan I bahwa tidak ada siswa yang memiliki motivasi rendah, siswa yang memiliki motivasi cukup sebanyak 7 orang atau 23,3%, siswa yang memiliki motivasi tinggi sebanyak 18 orang atau 50% dan siswa yang memiliki motivasi sangat tinggi sebanyak 5 orang atau 16,6%. Pada siklus II pertemuan II diperoleh data bahwa siswa yang memiliki motivasi cukup sebanyak 3 orang atau 10%, siswa yang memiliki motivasi tinggi sebanyak 15 orang atau 50% dan siswa yang memiliki motivasi sangat tinggi sebanyak 12 orang atau 40%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi pokok Jasa dan Peran Tokoh dalam Persiapan Proklamasi Kemerdekaan di kelas V SD Negeri 105291 Saentis tahun ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 172 |
Keywords: | Motivasi; Model Pembelajaran;Faciliator and Explaining |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Jul 2016 07:27 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 07:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6774 |