MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC-AUDITORY-VISUALIZATION-INTELLECTUALY (SAVI) DI KELAS IV SD NEGERI 101776 SAMPALI T.A 2015/2016

sinaga, tiarlan (2016) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC-AUDITORY-VISUALIZATION-INTELLECTUALY (SAVI) DI KELAS IV SD NEGERI 101776 SAMPALI T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1123111095_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1123111095_COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1123111095_APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1123111095_APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (618kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM.1123111095_ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM.1123111095_ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 1123111048_PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 1123111048_PREFACE.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1123111095_TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1123111095_TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1123111095_ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1123111095_ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1123111095_TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1123111095_TABLES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1123111095_DIAGRAM.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1123111095_DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1123111095_APPENDICES.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1123111095_APPENDICES.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 1123111095_CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 1123111095_CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (384kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1123111095_CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1123111095_CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 1123111095_BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 1123111095_BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran matematika, karena guru kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pokok bangun ruang sederhana (kubus dan balok) dengan menggunakan model pembelajaran Somatic-Auditory-Visualization-Intellectualy (SAVI) di kelas IV SD Negeri 101776 Sampali T.A 2015/2016.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan jumlah subjek murid sebanyak 30 orang siswa terdiri dari 20 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, masing-masing terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui lembar observasi aktivitas belajar siswa dan lembar observasi guru.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Somatic-Auditory-Visualization-Intellectualy (SAVI) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pokok bangun ruang sederhana (kubus dan balok) di kelas IV SD Negeri 101776 Sampali T.A 2015/2016. Pada siklus I pertemuan I, diperoleh rata-rata persentase aktivitas belajar siswa sebesar 53,44 % (sangat kurang aktif) dan jumlah siswa yang aktif belajar sebanyak 3 siswa (10 %) dan siklus I pertemuan II, diperoleh rata-rata persentase aktivitas belajar siswa sebesar 60,93 % (tidak aktif) dan jumlah siswa yang aktif 16 siswa (53,33 %). Meskipun telah terjadi peningkatan rata-rata persentase aktivitas belajar siswa, namun hasil didapatkan tidak sesuai dengan harapan. Untuk itu, peneliti melanjutkan penelitian pada siklus II. Pada siklus II pertemuan I diperoleh rata-rata persentase aktivitas belajar siswa sebesar 70,42 % (cukup aktif) dan jumlah siswa yang aktif sebanyak 21 orang (70 %) dan siklus II pertemuan II, diperoleh rata-rata persentase aktivitas belajar siswa sebesar 83,13 % (aktif) dan jumlah siswa yang aktif sebanyak 30 siswa (100 %). Hal ini membuktikan bahwa aktivitas belajar siswa sampai pada siklus II mengalami peningkatan.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Somatic-Auditory-Visualization-Intellectualy (SAVI) merupakan salah satu model pembelajaran yang meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pelajaran matematika materi pokok bangun ruang sederhana (kubus dan balok) di kelas IV SD Negeri 101776 Sampali T.A 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK- 2016 PGSD 041
Keywords: MOdel Pembelajaran SAVI ; Aktivitas Belajar ;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 22 Jul 2016 07:26
Last Modified: 22 Jul 2016 07:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6773

Actions (login required)

View Item
View Item