sinaga, tiarlan (2016) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC-AUDITORY-VISUALIZATION-INTELLECTUALY (SAVI) DI KELAS IV SD NEGERI 101776 SAMPALI T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1123111095_COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 1123111095_APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (618kB) | Preview
3. NIM.1123111095_ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
4. NIM 1123111048_PREFACE.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
5. NIM. 1123111095_TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. NIM. 1123111095_ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
7. NIM. 1123111095_TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 1123111095_DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 1123111095_APPENDICES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
10. NIM. 1123111095_CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
14. NIM. 1123111095_CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
15. NIM. 1123111095_BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran matematika, karena guru kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pokok bangun ruang sederhana (kubus dan balok) dengan menggunakan model pembelajaran Somatic-Auditory-Visualization-Intellectualy (SAVI) di kelas IV SD Negeri 101776 Sampali T.A 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan jumlah subjek murid sebanyak 30 orang siswa terdiri dari 20 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, masing-masing terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui lembar observasi aktivitas belajar siswa dan lembar observasi guru.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Somatic-Auditory-Visualization-Intellectualy (SAVI) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pokok bangun ruang sederhana (kubus dan balok) di kelas IV SD Negeri 101776 Sampali T.A 2015/2016. Pada siklus I pertemuan I, diperoleh rata-rata persentase aktivitas belajar siswa sebesar 53,44 % (sangat kurang aktif) dan jumlah siswa yang aktif belajar sebanyak 3 siswa (10 %) dan siklus I pertemuan II, diperoleh rata-rata persentase aktivitas belajar siswa sebesar 60,93 % (tidak aktif) dan jumlah siswa yang aktif 16 siswa (53,33 %). Meskipun telah terjadi peningkatan rata-rata persentase aktivitas belajar siswa, namun hasil didapatkan tidak sesuai dengan harapan. Untuk itu, peneliti melanjutkan penelitian pada siklus II. Pada siklus II pertemuan I diperoleh rata-rata persentase aktivitas belajar siswa sebesar 70,42 % (cukup aktif) dan jumlah siswa yang aktif sebanyak 21 orang (70 %) dan siklus II pertemuan II, diperoleh rata-rata persentase aktivitas belajar siswa sebesar 83,13 % (aktif) dan jumlah siswa yang aktif sebanyak 30 siswa (100 %). Hal ini membuktikan bahwa aktivitas belajar siswa sampai pada siklus II mengalami peningkatan.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Somatic-Auditory-Visualization-Intellectualy (SAVI) merupakan salah satu model pembelajaran yang meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pelajaran matematika materi pokok bangun ruang sederhana (kubus dan balok) di kelas IV SD Negeri 101776 Sampali T.A 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK- 2016 PGSD 041 |
Keywords: | MOdel Pembelajaran SAVI ; Aktivitas Belajar ; |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Jul 2016 07:26 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 07:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6773 |