Halifah, Syahfitri (2015) ANALISIS IMPLEMETASI KURIKULUM SMK KIMIA DENGAN KEBUTUHAN DUNIA USAHA DAN DUNIA INDUSTRI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8116142020 COVER.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
2. NIM. 8116142020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
3. NIM. 8116142020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
4. NIM. 8116142020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
5. NIM. 8116142020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
6. NIM. 8116142020 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
7. NIM. 8116142020 TABLES.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
8. NIM. 8116142020 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 8116142020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
13. NIM. 8116142020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
14. NIM. 8116142020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini mengkaji Pendidikan kejuruan sebagai salah satu bagian dari sistem Pendidikan Nasional memainkan peran yang sangat strategis bagi terwujudnya angkatan tenaga kerja nasional yang terampil, karena setiap lulusan SMK ditempah untuk menjadi sumber daya manusia yang siap pakai di dunia usaha dan dunia industri. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; a) Pelaksanaan kurikulum di SMK Negeri 3 Medan; b) Hambatan yang dihadapi pada saat PBM; c) Kurikulum yang sudah sesuai dengan DU dan DI; d) Alumni yang siap pakai ke dunia kerja dan e) Hubungan kerja dengan DU dan DI. Dengan pelaksanaan penelitian di SMK Negeri 3 Medan sebagai SMK Kimia diambil sebagai sampel total berdasarkan kompetensi yaitu kimia analisa dan kimia industri, dengan mengumpulkan data melalui angket, wawancara dan observasi yang diberikan kepada kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, staf tata usaha, guru dan siswa yang dijadikan sebagai subjek dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa a) SMK Negeri 3 Medan telah melaksanakan atau mengimplementasikan kurikulum dengan benar, hal ini dapat diketahui dari hasil wawancara dengan kepala sekolah dan wakil kepala sekolah bagian kurikulum, b) hambatan yang dialami pada PBM adalah tidak menyeluruhnya rasa minat, motivasi dan kemampuan siswa dalam mengikuti PBM, sehingga guru mengalami kesulitan secara merata untuk menyampaikan semua materi, c) Dalam hal ini diketahui bahwa kurikulum telah sesuai dengan DU ataupun DI, dengan setiap mata pelajaran yang bersifat produktif mengenal DU ataupun DI, d) Kemampuan alumni ternyata sudah di uji dengan mampunya alumni bekerja di dunia industri, e) SMK Negeri 3 Medan, sudah melaksanakan dan menjalin hubungan baik dengan DU atau DI, hubungan ini diperuntukkan untuk kegiatan PRAKERIN siswa, sehingga menjadikan siswa siap kerja dilapangan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 9 Hal a |
Keywords: | Kurikulum; Pendidikan kejuruan; Dunia usaha; Dunia industri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 Jul 2016 04:46 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 04:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6766 |