purba, aliandi (2016) MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 106226 PADANG BARU T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1123111004 COVER.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2. NIM. 1123111004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (899kB) | Preview
3. NIM 1123111004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
4. NIM 1123111004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
5. NIM 1123111004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM 1123111004 TABLES.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
7. NIM 1123111004 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 1123111004 DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
9. NIM 1123111004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
10. NIM 1123111004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (437kB) | Preview
14. NIM 1123111004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
15. NIM 1123111004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berbicara siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia materi mengomentari persoalan faktual di kelas V SD Negeri 106226 Padang Baru. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan model pembelajaran Time Token pada pelajaran Bahasa Indonesia SD Negeri 106226 Padang Baru T.A 2015/2016.
Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 106226 Padang Baru, dengan jenis penelitian yaitu “ Penelitian Tindakan Kelas (PTK)”. Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas V SD Negeri 106226 Padang Baru berjumlah 22 siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Time Token, dan alat yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes yang berbentuk lisan dan lembar observasi.
Dari hasil observasi awal yang dilakukan peneliti dengan guru kelas V di SD Negeri 106226 Padang Baru yang dilakukan terhadap 22 orang siswa terdapat 18 orang siswa kurang terampil dalam berbicara (tidak tuntas) dengan persentase (82%) dan 4 orang siswa yang terampil dalam berbicara (tuntas) dengan persentase (18%). Kemudian pada siklus I pertemuan I terdapat 6 orang siswa yang terampil dalam berbicara dengan persentase (27,27%) dan 16 orang siswa yang tidak terampil berbicara dengan persentase (72,72%), dengan nilai rata-rata kelas 58,95. Selanjutnya pada siklus I pertemuan II, terdapat 13 orang siswa terampil dalam berbicara dengan persentase (59,09%), dan 9 orang siswa tidak terampil berbicara dengan persentase (40,90%), dengan nilai rata-rata kelas 69,40. Kemudian pada siklus II pertemuan I terdapat 15 orang siswa terampil dalam berbicara dengan persentase (68,18%) dan 7 orang siswa tidak terampil dalam berbicara dengan persentase (31,81%), dengan nilai rata-rata kelas 79,18. Selanjutnya pada siklus II pertemuan II, terdapat 20 orang siswa terampil dalam berbicara dengan persentase (90,09%) dan 2 orang siswa tidak terampil berbicara dengan persentase (9,09%), dengan nilai rata-rata kelas 88. Dari hasil analisis siklus I dan II telah terjadi peningkatan keterampilan berbicara secara signifikan.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Time Token dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada materi mengomentari persoalan faktual pada pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri 106226 Padang Baru T.A 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK- 2016 PGSD 002 |
Keywords: | Model Pembelajaran Time Token ; Keterampilan Berbicara; |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Jul 2016 04:36 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 04:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6764 |