sibuea, nuraqlia (2016) PENGGUNAAN MODEL INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 101767 TEMBUNG T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1122111012 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 1122111012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
3. NIM. 1122111012 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
4 . NIM. 1122111012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
5. NIM. 1122111012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
6. NIM. 1122111012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
7. NIM. 1122111012 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
8. NIM. 1122111012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
9. NIM. 1122111012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
10. NIM. 1122111012 BAB I.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
14. NIM. 1122111012 BAB V.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
15. NIM. 1122111012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dikarenakan proses pembelajaran masih didominasi penggunaan metode konvensional, guru kurang variatif dalam penggunaan model pembejaran dan lebih banyak menggunakan motede ceramah, sehingga pembelajaran berpusat pada guru. Guru belum sepenuhnya melaksanakan pembelajaran secara aktif dan kreatif dalam melibatkan siswa serta belum menggunakan berbagai pendekatan, strategi atau model pembelajaran yang sesuai dengan karakter materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Inkuiri pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 101767 Tembung.
Pembelajaran menggunakan model Inkuiri berpedoman dari beberapa teori yang dikemukakan oleh para ahli diantaranya adalah pendapat dari Gulo, Usman, dan Shoimin. Dengan menggunakan pendapat para ahli tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa model Inkuiri adalah kegiatan pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam menemukan konsep-konsep materi yang diajukan dan guru menjadi fasilitator dan pembimbing dalam menemukan konsep-konsep tersebut
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 21 orang siswa yang berasal dari siswa kelas V SD Negeri 101767 Tembung tahun ajaran 2015/2016. Penelitian tindakan ini terdiri dari 2 siklus, dan tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Untuk memperoleh data pada penelitian ini peneliti menggunakan tes dan lembar observasi guru dan siswa.
Pada saat dilakukan tes awal (pre test) terdapat sebanyak 4 orang siswa tuntas dan 17 orang siswa tidak tuntas dengan persentase klasikal hasil belajar siswa sebesar 19,04%, dan nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 43,65. Setelah pelaksanaan tindakan dengan menggunakan model Inkuiri pada siklus I, sebanyak 12 orang siswa tuntas belajar dan 9 orang siswa belum tuntas, dengan persentase klasikal hasil belajar siswa adalah 57,14% dan nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 66,67. Berdasarkan refleksi yang dilakukan pada siklus I, maka dilakukan perbaikan pada pelaksanaan tindakan siklus II. Peningkatan terjadi pada siklus II dengan 18 orang siswa telah tuntas belajar dan 3 orang belum tuntas dengan persentase klasikal hasil belajar siswa 85,71% dan nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 84,13.
Dengan demikian maka dapat disimpulkan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 101767 Tembung tahun ajaran 2015/2016 pada mata pelajaran IPA materi pokok gaya gesek.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK- 2016 PGSD 025 |
Keywords: | Model pembelajaran Inkuiri; |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Jul 2016 04:26 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 04:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6759 |