Yunita, Ade Neni (2016) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TEAM-ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DI KELAS IV SD NEGERI 101855 KUTALIMBARU TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM1123311001 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2. NIM 1123311001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (668kB) | Preview
3. NIM 1123311001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
4. NIM 1123311001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
5. NIM 1123311001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
6. NIM 1123311001 TABLES.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
7. NIM 1123311001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 1123311001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 1123311001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
13. NIM 1123311001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM 1123311001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 101855 Kutalimbaru pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Team-Assisted Individualization (TAI) pada materi perambatan bunyi melalui benda padat, cair dan gas (Udara) di kelas IV SD Negeri 101855 Kutalimbaru.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 101855 Kutalimbaru Tahun Ajaran 2015/2016 dengan jumlah 30 orang siswa dengan jumlah laki – laki sebanyak 17 orang siswa dan perempuan sebanyak 13 orang siswi. Waktu penelitian dilaksanakan mulai dari bulan januari sampai bulan maret 2016. Prosedur penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II dengan empat tahapan yang dilalui yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, Observasi/evaluasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket.
Hasil penelitian diperoleh nilai kondisi awal motivasi dari 30 orang siswa hanya terdapat sekitar 11 orang siswa (36,67%) yang memiliki motivasi belajar dan 19 orang siswa (63,33 %) yang tidak memiliki motivasi belajar. Pada siklus I nilai motivasi dari 30 orang siswa hanya 17 orang siswa (56,67%) yang memiliki motivasi belajar tinggi dan 13 (43,33%) orang yang masih memiliki motivasi belajar yang rendah. Pada siklus II nilai motivasi dari 30 orang siswa terdapat 26 orang siswa (86,67%) yang memiliki motivasi belajar yang tinggi dan 4 orang siswa (13,33%) yang motivasi belajarnya masih rendah. Pada hasil pengamatan observasi kegiatan mengajar guru pada siklus I hasilnya 73,75% dan pengamatan observasi kegiatan mengajar guru pada siklus II sudah dalam kategori berhasil dengan hasil 86,25%. Berdasarkan pengamatan observasi siswa yang dilakukan guru pada siklus I dengan menggunakan model Team-Assisted Individualization (TAI) hasilnya 53,33% dan pengamatan observasi siswa pada siklus II dengan menggunakan model Team-Assisted Individualization (TAI) hasilnya 86,67%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model model Team-Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi perambatan bunyi melalui benda padat,cair dan gas (Udara) di kelas IV SD Negeri 101855 Kutalimbaru Tahun Ajaran 2015/2016, sehingga pembelajaran dengan menggunakan model model Team-Assisted Individualization (TAI) dapat diterapkan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan motivasi belajar belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 014 |
Keywords: | TAI;Motivasi Belajar;IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Jul 2016 03:47 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 03:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6750 |