damanik, leonita roselima (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE DI KELAS VB SDN 101771 TEMBUNG KEC.PERCUT SEI TUAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 NIM 1123111047 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
02 NIM 1123111047 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (463kB) | Preview
03 NIM 1123111047 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
04 NIM 1123111047 PREFACE.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
05 NIM 1123111047 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
06 NIM 1123111047 TABLES.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
07 NIM 1123111047 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
08 NIM 1123111047 APPEDINCES.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
09 NIM 1123111047 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
13 NIM 1123111047 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
14 NIM 1123111047 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi peristiwa alam beserta dampaknya di kelas VB SDNegeri 101771 Tembung. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi peristiwa alam beserta dampaknya dengan menggunakan model pembelajaran Word Square. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VB SD Negeri 101771 Tembung yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan. Secara individu siswa dikatakan tuntas jika memenuhi KKM yang ditentukan oleh sekolah untuk mata pelajaran IPA yaitu 70 dan secara klasikal dikatakan tuntas jika diperoleh ≥85% siswa yang tuntas belajar.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yaitu suatu kegiatan penelitian yang dilakukan secara sistematis dari upaya melakukan tindakan-tindakan dalam pembelajaran, berdasarkan refleksi mereka mengenai tindakan tersebut. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar, format lembar observasi kegiatan guru dalam pelaksanaan pembelajaran dan lembar observasi aktivitas siswa selama mengikuti proses belajar. Tehnik analisis data yang digunakan adalah tehnik analisis data kuantitatif untuk hasil belajar dan tehnik analisis data kualitatif untuk data hasil observasi.
Hasil penelitian pada tes awal atau sebelum diberikan tindakan pada kelas VB SD Negeri 101771 Tembung dengan jumlah sebanyak 32 siswa, diperoleh nilai rata-rata 56,09 dengan jumlah siswa yang tuntas adalah 6 siswa dengan persentase (18,74%) dan jumlah siswa yang belum tuntas sebanyak 26 siswa dengan persentase (81,26%). Pada siklus I diperoleh peningkatan dengan perolehan nilai rata-rata 72,5 dengan jumlah siswa yang tuntas adalah 18 siswa dengan persentase (56,25%) dan jumlah siswa yang belum tuntas sebanyak 14 siswa dengan persentase (43,75%). Pada siklus II diperoleh peningkatan yang sangat baik dengan perolehan nilai rata-rata 91,09 dengan jumlah siswa yang tuntas 32 siswa atau seluruh siswa kelas VB mengalami ketuntasan dengan persentase (100%).
Dengan demikian penelitian tindakan yang menggunakan model pembelajaran Word Square ini dikatakan berhasil pada siklus II karena nilai rata-rata yang diperoleh siswa telah melebihi batas KKM yang ditetapkan oleh sekolah dan persentase ketuntasan klasikal yang diperoleh dari siswa dengan kriteria yang sangat tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK- 2016 PGSD 098 |
Keywords: | Pembelajaran Model Square ; IPA ; Bencana Alam ; |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Jul 2016 03:46 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 03:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6749 |