hasibuan, mira pratiwi (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK TALK WRITE PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 101767 TEMBUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 1123111057 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM 1123111057 APPROVAL.pdf - Published Version
Download (540kB) | Preview
3. NIM 1123111057 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4. NIM 1123111057 PREFACE.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5. NIM 1123111057 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM 1123111057 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM 1123111057 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 1123111057 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM 1123111057 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
13. NIM 1123111057 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM 1123111057 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Masalahdalampenelitianiniadalahhasilbelajarsiswadalammatapelajaran IPAkhususnyapadamaterisifat-sifatcahayamasihrendah di bawahnilai KKM.Adapuntujuanpenelitianiniadalahuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswadenganmenggunakan model Think Talk Writepadamatapelajaran IPA Kelas V SD Negeri 101767 TembungTahunAjaran 2015/2016.
LokasipenelitianiniadalahSD Negeri 101767 TembungTahunAjaran 2015/2016.MetodepenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas (PTK) denganmenerapkanduasiklusyaitusiklus I dansiklus II yang mencakupperencanaan, tindakan, observasi, danrefleksi.Sebelumdilakukantindakanpadasiklus I penelitimemberipre testuntukmengetahuiletakkesulitanpadamatapelajaran IPAdalammaterisifat-sifatcahayadilanjutkandengansiklus I danpost testsiklus I, siklus II dandiakhridenganpemberianposttessiklus II denganteshasilbelajarIPAdenganmenggunakanbentuktespilihanbergandaJumlahsampel yang digunakanadalahseluruhsiswakelasV SD Negeri 101767 Tembungsebanyak 21 orang siswa.
Berdasarkanpenelitian yang dilakukandiperoleh data tesawalhasilbelajarsiswadiperolehnilai rata-rata 52,61, dimanaterdapat 4siswayang telahmencapaitingkatketuntasanbelajardanpersentasehasilbelajarsecaraklasikalhanya19,05%atau< 80%. Secaraklasikaldanhalinimasihtergolongrendahdanbelumberhasilbagi proses pembelajaranpesertadidik. Olehkarenaitu, dilakukanperbaikandanpenerapantindakankelassiklus Imenggunakan model pembelajaranThink Talk Writemakadiperolehnilai rata-rata mengalamikenaikanmenjadi61,42, siswa yang tuntasbelajarterdapat11 orang siswadanpersentasehasilbelajarsiswasecaraklasikal52,4% < 80% daninijugatergolongbelumberhasildalamtindakankelas yang dilakukan. Kemudianpenelitimelanjutkandanmelakukanperbaikandanpenerapanpadasiklus II makadiperolehnilai rata-rata menjadi75,71, siswa yang sudahtuntassebanyak 19orang siswadenganpersentaseketuntasanbelajarsiswa 90,48% > 80%. Jadidapatdisimpulkanbahwaterjadipeningkatanhasilbelajarsiswapadamatapelajaran IPA dalammaterisifat-sifatcahaya di Kelas V SD Negeri 101767 TembungTahunAjaran 2015/2016.
Dengandemikiandapatdiambilkesimpulanbahwadenganmenggunakanmodel pembelajaranThink Talk Writedapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaran IPA dalammaterisifat-sifatcahaya di Kelas V SD Negeri 101767 TembungTahunAjaran 2015/2016.
Disarankan agar guru danpenelitilainnyauntukmenggunakan model pembelajaranThink Talk Writepadamatapelajaran IPAuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK- 2016 PGSD 108 |
Keywords: | Pembelajaran Think Talk write ; |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Jul 2016 03:33 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 03:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6745 |