pakpahan, masriani (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DI KELAS V SD NEGERI 102036 HAPOLTAHAN NAULI T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1121111008 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
2. 1121111008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (453kB) | Preview
3. 1121111008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
4. 1121111008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. 1121111008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
6. 1121111008 TABLES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
7. 1121111008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
8. 1121111008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
9. 1121111008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
13. 1121111008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. 1121111008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi penjajahan belanda di indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS materi penjajahan belanda di indonesia dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah kelas V SD Negeri 102036 Hapoltahan Nauli yang berjumlah 28 siswa, yang terdiri dari 14 laki-laki dan 14 perempuan. Adapun prosedur penelitian ini terdiri dari dua siklus. Dimana siklus I terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi, dimana siklus II lebih memfokuskan penggunaan model Snowball Throwing. Untuk memperoleh data yang digunakan dalam penelitian ini peneliti melakukan tes dan observasi.Adapun teknik analisis data dalam penelitian iniadalah deskripsi kualitatif.
Setelah pelaksanaan tes awaldilaksanakan 28 orang siswa, terdapat siswa yang tuntas sebanyak 5 orang dengan persentase 17,86 %, yang tidak tuntas sebanyak 23 orang dengan persentase 82,14 % dan nilai rata-ratanya sebesar 48,11. Dari hasil tes awaltersebut, dilakukan tindakan dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing pada siklus I terhadap 28 orang siswa. Terdapat siswa yang tuntas sebanyak 10 orang dengan persentase 35,71 %, yang tidak tuntas sebanyak 18 orang dengan persentase 64,29 % dan nilai rata-ratanya 50,49. Hal ini membuktikan bahwa bahwa nilai hasil belajar siswa pada siklus I belum mencapai ketuntasan belajar secara klasikal karena masih dibawah 80,00 %. Oleh karena itu, dilakukan tindakan pada siklus II. Siswa yang tuntas sebanyak 24 orang dengan persentase 85,71 % dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 4 orang dengan persentase 14,29 % dan nilai rata-ratanya 81,20 tingkat ketuntasan secara klasikal siklus II adalah 85,71 % sangat baik. pelaksanaan tindakan pada siklus II sudah mencapai ketuntasan hasil belajar klasikal di atas 80% dengan nilai rata-rata 81,20 terdapat signifikat terdapat peningkatan dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing. Hasil observasi siswa pada siklus I nilai rata-ratanya sebesar 58,33 dengan kriteria kurang. Hasil observasi guru sebesar 75,00 % dengan kriteria cukup. Pada siklus II, hasil observasi siswa diperoleh nilai rata-rata 89,58 dengan kriteria sangat baik. hasil observasi guru sebesar 93,42 % dengan kriteria sangat baik.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS materi Penjajahan Belanda di Indonesia di kelas V SD Negeri 102036 Hapoltahan Nauli T.A 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK- 2016 PGSD 072 |
Keywords: | Model Snowball THrowing; |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Jul 2016 02:57 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 02:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6735 |