manik, hariati (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJ SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELECTUAL, REPETITION (AIR ) PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 106163 BANDAR KLIPPA T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.Cover.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
2. pengesahan.pdf - Published Version
Download (554kB) | Preview
3. abstrak.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
5. Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
5.1 daftar tabel.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
5.2 daftar gambar.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
5.3 daftar grafik.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
5.4 daftar lampiran.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
6 BAB 1.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
10. BAB V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah Rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran IPA materi Pokok Sumber-sumber energi panas dan perpindahanya di kelas IV SD Negeri 106163 Bandar Klippa. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya kemampuan guru dalam memilih model pemelajaran yang mampu mengembangkan kemampuan mendengar, berpikir dan mengingat siswa
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran auditory, intellectual, repetition (AIR) pada mata pelajaran IPA materi pokok sumber–sumber energi panas dan perpindahanya di kelas IV SD Negeri 106163 Bandar Klippa T.A 2015/2016. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 106163 Bandar Klippa dengan jumlah siswa 33 orang siswa terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 18 orang siswa perempuan
Adapun hasil penelitian yang diperoleh yaitu pada pre tes hasil yang diperoleh dari 33 siswa terdapat 4 orang siswa yang memperoleh nilai tuntas, dengan persentase (12,12%) dan sebanyak 29 orang siswa yang tidak tuntas dengan persentase (87,88%). Pada tes siklus I terdapat 19 orang siswa mendapat nilai tuntas dengan persentase (57,58%) dan sebanyak 14 orang siswa yang belum tuntas dengan persentase (42,42%). Dan pada tes siklus II terdapat 29 orang siswa yang memperoleh nilai tuntas dengan persentase (87,88%) dan sebanyak 4 orang siswa yang belum tuntas dengan persentase (12,12%). Melihat ketuntasan yang diperoleh >85% maka secara klasikal sudah mencapai ketuntasan belajar yang diharapkan.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran auditory, intellectual, repetition (AIR) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Materi pokok sumber–sumber energi panas dan perpindahanya di kelas IV SD Negeri 106163 Bandar Klippa T.A 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK- 2016 PGSD |
Keywords: | Model pembelajaran AIR ; |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Jul 2016 02:47 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 02:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6731 |