khoiri, chintia (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN NO. 025282 BINJAI UTARA T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 1123311010 COVER.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
02. NIM. 1123311010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (889kB) | Preview
03. NIM. 1123311010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
04. NIM. 1123311010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
05. NIM. 1123311010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
06. NIM. 1123311010 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
07. NIM. 1123311010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
08. NIM. 1123311010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
09. NIM. 1123311010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
013. NIM. 1123311010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
014. NIM. 1123311010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dengan menggunakan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrate Reading and Composition) pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN No. 025282 Binjai Utara T.A 2015/2016.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN No. 025282 Binjai Utara dengan 27 orang siswa yang terdiri dari 17 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki.Pada prosedur penelitian ini terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian ini yaitu rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Tehnik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes tertulis dan observasi dan Teknik analisis data yaitu dengan menghitung hasil tes kemampuan belajar siswa.
Berdasarkan dari analisis hasil tes awal, peneliti menemukan dari 27 siswa yang ada di kelas V baru ada 8 siswa atau 29,26% yang mampu mencapai atau melebihi KKM yang telah ditentukan yaitu 70. Sedangkan rata-rata dalam tes awal adalah 53,33. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 15 orang siswa atau 55,55% dan terdapat 12 orang siswa yang belum mendapat nilai tuntas atau 44,45 %. Pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 24 orang siswa atau sebesar 88,88% sedangkan sebanyak 3 siswa lainnya belum mendapat nilai tuntas atau sebesar 11,12%. Nilai rata-rata pada siklus I adalah 65,18 meningkat menjadi 80,25 pada siklus II. Ketuntasan belajar juga mengalami peningkatan sebesar 33,33% dari presentase ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 55,55% meningkat menjadi 88,88 %. Dari peningkatan ketuntasan secara klasikal yang diperoleh siswa dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada pelajaran bahasa Indonesia materi pokok unsur instristik cerita anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK- 2016 PGSD 157 |
Keywords: | Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) ; kemampuan membaca pemahaman; |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Jul 2016 02:34 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 02:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6727 |