Nasution, Diyah Syahmawati (2016) HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI 064037 MEDAN TEMBUNG T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM 1122111003 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2.NIM 1122111003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (786kB) | Preview
3.NIM 1122111003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
4.NIM 1122111003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
5.NIM 1122111003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
6.NIM 1122111003 TABLE.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7.NIM 1122111003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8.NIM 1122111003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
12.NIM 1122111003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
13.NIM 1122111003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini tentang Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Dengan Minat Belajar Siswa Kelas III SD Negeri 064037 Medan Tembung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Dengan Minat Belajar Siswa Kelas III SD Negeri 064037 Medan Tembung. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penggunaan media pembelajaran dengan minat belajar siswa kelas III SD Negeri 064037 Medan Tembung.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan tekhnik korelasional. Untuk memperoleh data yang diperlukan, peneliti menggunakan alat pengumpulan data berupa angket. Populasi dalam penelitian ini adalah 30 orang. Penetapan sampel penelitian ini sebanyak 30 orang, dengan mengambil seluruh jumlah populasi yang kurang dari 100 orang.
Selanjutnya hasil analisis data dengan uji Korelasi Product Moment, diperoleh koefisien korelasi rhitung = 0,411 dengan rtabel = 0,361 pada taraf kepercayaan 95% dan alpha 5%. Dengan demikian 0,411 > 0,361 atau nilai rhitung lebih besar dari pada nilai rtabel maka media pembelajaran memiliki hubungan yang positif dengan minat belajar siswa. Untuk mengetahui signifikansi hubungan media pembelajaran dengan minat belajar siswa digunakan rumus uji t. Dari uji t tersebut diperoleh thitung = 2,383 dengan ttabel = 1,701 pada taraf kepercayaan 95% dan alpha 5%. Dengan demikian 2,383 > 1,701 atau nilai thitung lebih besar dari pada nilai ttabel sehingga dapat dikatakan signifikan.
Berdasarkan pembahasan dan analisis data dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan “Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penggunaan media pembelajaran dengan minat belajar siswa kelas III SD Negeri 064037 Medan Tembung ”dapat diterima”. Dimana semakin tinggi penggunaan media pembelajaran maka semakin tinggi minat belajar siswa yang diperoleh.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 0123 |
Keywords: | Minat belajar;Media; Media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Jul 2016 02:26 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 02:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6724 |