Putra, Hendra Eka (2016) PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM INTERAKTIF PADA MATERI HIDROKARBON DAN MINYAK BUMI DI SMA/MA. Masters thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN TESIS(1).pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR FORMAL.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
Abstract
Tujuan umum penelitian ini adalah untuk memperoleh penuntun praktikum interaktif yang standar untuk siswa kelas XI SMA/MA semester I pada materi hidrokarbon dan minyak bumi. Populasi dalam penelitian ini adalah penuntun praktikum kimia SMA yang beredar di sekolah, seluruh guru kimia di SMA se-Sumetra Utara, seluruh dosen kimia di Universitas Negeri Medan dan seluruh siswa kelas XI di SMAN 2 Medan dan SMAN 3 Medan. Sampel penelitian diambil secara purpusive sampling. Penelitian ini bersifat deskriptif dan pengembangan eksperimen (research and development). Langkah penelitian meliputi: (a) Analisis penuntun praktikum yang dipergunakan di kelas XI semester I; (b) Pengembangan penuntun praktikum interaktif untuk materi hidrokarbon dan minyak bumi; (c) Validasi penuntun praktikum interaktif oleh guru dan dosen; dan (d) Uji coba penggunaan penuntun praktikum interaktif dalam pembelajaran untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penuntun praktikum interaktif yang telah dikembangkan untuk siswa kelas XI SMA semester I pada materi hidrokarbon dan minyak bumi telah layak/standar sesuai dengan BSNP. Penuntun praktikum interaktif untuk materi hidrokarbon dan minyak bumi terdiri dari percobaan uji reaksi pembakaran, membuat model molekul hidrokarbon, dan identifikasi fraksi minyak bumi. Standarisasi penuntun praktikum interaktif menunjukkan bahwa responden memberikan respon yang positif terhadap penuntun praktikum interaktif dengan nilai rata-rata 4,22 lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata standarisasi penuntun praktikum yang ada disekolah (penuntun praktikum A = 3,58 dan penuntun praktikum B = 3,67). Uji coba dilakukan pada 2 percobaan yaitu : (1) identifikasi fraksi minyak bumi (materi percobaan yang mudah), dan (2) membuat model molekul hidrokarbon (materi percobaan yang sulit. Hasil uji coba menunjukakan bahwa implementasi penuntun praktikum interaktif yang dikembangkan memberikan hasil pemahaman siswa pada SMAN 2 Medan dan SMAN 3 Medan sangat tinggi pada percobaan identifikasi fraksi minyak bumi dengan rentang nilai 81-100 dan memberikan hasil pemahaman siswa yang tinggi pada percobaan membuat model molekul hirokarbon dengan rentang nilai 61-80.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 547.010 712 Put p |
Keywords: | Teori belajar; Media pembelajaran; Model pembelajaran; Teknik evaluasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 Jul 2016 02:26 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 02:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6723 |