handayani, tria (2016) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT PADA PELAJARAN IPA KELAS V-A SDN 101775 SAMPALI T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1123111096 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM. 1123111096 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (549kB) | Preview
3. NIM. 1123111096 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
4. NIM. 1123111096 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
5. NIM. 1123111096 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
6. NIM. 1123111096 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
7. NIM. 1123111096 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
8. NIM. 1123111096 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
9. NIM. 1123111096 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
10. NIM. 1123111096 BAB I.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
14. NIM. 1123111096 BAB V.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
15. NIM. 1123111096 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa dalam pelajaran IPA pada materi pokok gaya magnet. Rendahnya motivasi ini disebakan kurangnya keterlibatan siswa dan model pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi serta kurangnya penggunaan media pembelajaran yang dapat menarik minat siswa.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan mengunakan model pembelajaran Cooperative Script. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V-A SDN 101775 Sampali T.A 2015/2016. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V_A SDN 101775 Sampali yang berjumlah 26 orang siswa dengan jumlah laki-laki 10 orang siswa dan 16 orang siswa perempuan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi penilaian pelaksanaan pembelajaran dan lembar observasi penilaian motivasi belajar siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah kualitatif, kuantitatif deskriptif.
Berdasarkan hasil observasi motivasi belajar siswa secara individu diketahui bahwa pada siklus I pertemuan I nilai rata-rata motivasi belajar siswa adalah 46.03%, pada siklus I pertemua II 57.45%., pada siklus II pertemuan I 73.56%, dan pada siklus II pertemuan II 85.46%. Dan berdasarkan hasil pengolahan data diketahui bahwa nilai motivasi belajar siswa secara kasikal pada siklus I pertemuan I adalah 19.23% atau 5 dari 26 siswa telah termotivasi, siklus I pertemuan II 38.46% atau 10 dari 26 siswa telah termotivasi. Nilai klasikal ini mengalami peningkatan secara signifikan pada siklus II. Pada siklus II pertemuan I nilai klasikal motivasi belajar siswa adalah 65.38% atau 17 dari 26 siswa telah termotivasi, dan pada pertemuan II 84.62% atau 22 dari 26 siswa telah termotivasi.
Dengan demikian dapat disimpulakan bahwa penggunaan model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPA materi pokok gaya magnet di kelas V-A SDN 101775 Sampali. Oleh karea itu disarankan kepada guru untuk menggunakan model pembelajaran Cooperative Script pada pelajaran IPA terkhusus pada materi pokok gaya magnet agar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK- 2016 PGSD 009 |
Keywords: | Motivasi Belajar ; Pembelajaran Cooperative Script ; |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Jul 2016 02:20 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 02:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6722 |