Harahap, Dinda Elfira (2016) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SQ4R (SURVEY, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) DALAM PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 023972 BINJAI T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1123311020_COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM. 1123311020_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (796kB) | Preview
3. NIM. 1123311020_ABSRTAK.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM. 1123311020_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
5. NIM. 1123311020_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
5. NIM. 1123311020_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. NIM. 1123311020_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
7. NIM. 1123311020_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
8. NIM. 1123311020_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 1123311020_BAB I.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
13. NIM. 1123311020_BAB V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
14. NIM. 1123311020_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Masalah dari penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada pelajaran IPS masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran SQ4R dalam pembelajaran IPS materi pokok peristiwa penting sekitar proklamasi.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari II siklus dan subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 023972 Binjai yang berjumlah 20 orang siswa dengan jumlah laki-laki 10 orang siswa dan 10 orang siswa perempuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran SQ4R. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan angket.
Berdasarkan analisis hasil angket pada siklus I yang memiliki motivasi belajar dengan kriteria belum termotivasi 15 orang siswa (75%), siswa yang memiliki kriteria kurang termotivasi 2 orang siswa (10%), siswa yang memiliki kriteria cukup termotivasi 1 orang siswa (5%), siswa yang memiliki kriteria termotivasi 2 orang siswa (10%) dan tak ada seorang pun siswa yang memiliki kriteria sangat termotivasi. Selanjutnya pada siklus II tidak ada siswa yang memiliki kriteria belum termotivasi, tidak ada siswa yang memiliki kriteria kurang termotivasi, 1 orang siswa (5%) memiliki kriteria cukup termotivasi, 4 orang siswa (20%) yang memiliki kriteria termotivasi dan 15 orang siswa (75%) memiliki kriteria sangat termotivasi. Berdasarkan analisis hasil observasi motivasi belajar siswa adanya peningkatan persentase motivasi belajar siswa dari siklus I pertemuan I, siklus I pertemuan II, siklus II pertemuan I, dan siklus II pertemuan II. Pada siklus I pertemuan I diperoleh rata-rata 59,45%, siklus I pertemuan II diperoleh rata-rata 71,91%, siklus II pertemuan I diperoleh rata-rata 83,93% dan siklus II pertemuan II diperoleh 90,74%. Berdasarkan lembar observasi mengajar guru adanya peningkatan dari siklus I pertemuan I diperoleh rata-rata 65%, siklus I pertemuan II diperoleh rata-rata 80%, siklus II pertemuan I diperoleh rata-rata 92,5% dan siklus II pertemuan II diperoleh rata-rata 97,5%.
Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penggunakan model pembelajaran SQ4R dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS khususnya pada materi pokok peristiwa penting sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 071 |
Keywords: | Motivasi belajar; IPS; Proklamasi Kemerdekaan Indonesia |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Jul 2016 02:15 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 02:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6721 |