Edni, Kartini (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INOVATIF BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN (KSP). Masters thesis, UNIMED.
1. Cover.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (407kB) | Preview
3. Abstrak.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
4. Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
5. Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (23kB) | Preview
7. Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
8. Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
14. Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bahan ajar inovatif berbasis multimedia pada pembelajaran kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp) yang dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi mahasiswa. Populasi dalam penelitian adalah seluruh mahasiswa Universitas Negeri Medan. Pemilihan sampel dalam penelitian meggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian adalah 79 mahasiswa yang sedang mempelajari mata kuliah Kimia Umum II di Universitas Negeri Medan yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan bahan ajar inovatif yang telah dikembangkan sedangkan kelas kontrol menggunakan buku kimia pegangan mahasiswa. Validator terhadap bahan ajar inovatif yang telah dikembangkan adalah enam orang dosen dari Universitas Negeri Medan dan Universitas Islam Sumatera Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) buku kimia yang dianalisis memberikan hasil rata-rata sebesar 41% adalah cukup baik dan tidak memerlukan revisi, namun masih terdapat kekurangan-kekurangan pada setiap buku sehingga perlu dilakukan pengembangan, (2) Komponen-komponen yang diintegrasikan ke dalam bahan ajar inovatif yang telah dikembangkan, yaitu integrasi kegiatan laboratorium, metode dan model pembelajaran, serta multimedia pembelajaran dapat memotivasi mahasiswa untuk belajar sebesar 97,5; (3) Hasil penilaian dosen terhadap bahan ajar inovatif yang telah dikembangkan sebesar 4,25 adalah sangat valid (sangat layak) dan tidak perlu revisi serta hasil penilaian dosen terhadap multimedia pembelajaran yang telah dikembangkan sebesar 4,15 adalah valid (layak) dan tidak perlu revisi, (4) Peningkatan hasil belajar mahasiswa yang menggunakan bahan ajar inovatif berbasis multimedia pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan lebih tinggi dibandingkan hasil belajar mahasiswa yang menggunakan buku pegangan mahasiswa dengan nilai thitung > ttabel (2,407 > 1,99), (5) Efektifitas penggunaan bahan ajar inovatif berbasis multimedia pada materi kelarutan dan hasil kelarutan menunjukkan peningkatan hasil belajar mahasiswa sebesar 79%, dan (6) Mahasiswa memberikan tanggapan atau respon positif terhadap bahan ajar inovatif berbasis multimedia pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan dengan perolehan rata-rata penilaian sebesar 4,22 yang berarti telah sangat layak untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 541.340 711 Edn p |
Keywords: | Bahan ajar kimia; Pembelajaran kimia; Hasil belajar; Motivasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3045 Textbooks L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Jul 2016 08:46 |
Last Modified: | 21 Jul 2016 08:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6713 |