Pramukti, Arimbi Sura (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TEBAK KATA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS IV SD NEGERI 101789 MARINDAL TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.1123111006 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. NIM.1123111006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (595kB) | Preview
3.NIM.1123111006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
4. NIM.1123111006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
5. NIM.1123111006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
6. NIM.1123111006 TABLE.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
7. NIM.1123111006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
8. NIM.1123111006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
9. NIM.1123111006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (558kB) | Preview
13. NIM.1123111006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
14. NIM.1123111006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang ditemukan di SD pada pembelajaran PKn adalah rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan guru kurang variatif dalam menggunakan model pembelajaran dan lebih banyak menggunakan metode ceramah, mencatat di papan tulis sehingga pembelajaran hanya berpusat pada guru saja dan menjadi monoton serta membosankan. Ini juga menyebabkan siswa menjadi kurang termotivasi untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran PKn di kelas IV SD Negeri 101789 Marindal T.A 2015/2016.
Pembelajaran menggunakan model pembelajaran Tebak Kata berpedoman dari beberapa teori yang diberikan oleh para ahli diantaranya adalah pendapat dari Istarani, Mel Silberman dan agus Suprijono. Dengan menggunakan ketiga pendapat para ahli tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Tebak Kata adalah menggunakan kartu yang berisi berbagai pertanyaan atau pernyataan yang membutuhkan satu jawaban yang mewakili seluruh pertanyaan yang ada. yang cukup menyenangkan digunakan untuk mengulangi materi pembelajaran yang telah diberikan sebelumnya atau dapat juga digunakan untuk mempelajari materi yang baru.
Penelitian ini menggunakan desain PTK dengan tindakan pembelajaran model Tebak Kata. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 101789 Marindal T.A. 2015/2016 yang berjumlah 28 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes dan observasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yakni siklus I dan siklus II. Data dianalisis dengan menggunakan persentase dan analisis kualitatif.
Berdasarkan analisis data, pada tes awal diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal yaitu 3 orang siswa (10,71%). Setelah pelaksanaan siklus I, diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal yaitu 12 orang siswa (42,85%). Selanjutnya pada siklus II, diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar siswa lebih meningkat yaitu sebanyak 25 orang siswa (89,29%). Berdasarkan temuan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Tebak Kata dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKN materi sistem pemerintahan pusat kelas IV SDN 101789 Marindal T.A. 2015/2016. Dan disarankan kepada pembaca agar menggunakan model pembelajaran Tebak Kata sebagai alternatif untuk memperbaiki proses pembelajaran khususnya pada pelajaran PKN. Kepada Kepala Sekolah agar mengkoordinasikan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan Model tebak kata untuk meningkatkan hasil belajar. Dan kepada peneliti selanjutnya agar melakukan penelitian yang sejenis secara tuntas dengan menggunakan model tebak kata.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 062 |
Keywords: | Tebak Kata;SD;Hasil belajar |
Subjects: | J Political Science > JS Local government. Municipal government L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Jul 2016 08:21 |
Last Modified: | 21 Jul 2016 08:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6709 |