Lubis, Laila Tussifah (2016) PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA DASAR I PERGURUAN TINGGI TERINTEGRASI PENDEKATAN INKUIRI. Masters thesis, UNIMED.
1. Judul.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
3. Abstrak.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
4. Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
5. Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
6. Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
7. Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
8. Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (22kB) | Preview
14. Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh penuntun praktikum kimia dasar I terintegrasi pendekatan inkuiri yang mudah dipahami dan layak digunakan di Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan (UMTS) Padangsidimpuan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development) yang terbatas pada pengembangan,validasi dan ujicoba penggunaan produk. Penuntun praktikum dikembangkan berdasarkan sintak pendekatan inkuiri. Instrumen yang digunakan yaitu angket validasi, lembar observasi penilaian afektif dan psikomotorik. Sebagai sampel ujicobanya mahasiswa pendidikan kimia UMTS yang diambil secara purposive sampling. Penuntun praktikum disusun dan divalidasi oleh dosen dengan kriteria memiliki pendidikan minimal S2. Hasil validasi dosen terhadap 24 aspek yang dinilai diperoleh rata-rata sebesar 3,88 yang artinya bahwa penuntun praktikum kimia dasar I terintegrasi pendekatan inkuiri layak digunakan. Hasil ujicoba terbatas diperoleh rata-rata pretes sebesar 69,31 dan rata-rata postes sebesar 82,73 serta nilai skor gain sebesar 0,43 yang berarti bahwa penuntun praktikum kimia dasar I dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Hasil penilaian afektif mahasiswa diperoleh rata-rata sebesar 2,5 dan hasil penilaian psikomotrik mahasiwa diperoleh rata-rata sebesar 2,34 yang berarti bahwa nilai afektif dan psikomotirk mahasiswa baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penuntun praktikum kimia dasar I yang ada di UMTS belum sesuai dengan silabus. Diperoleh penuntun praktikum kimia dasar I terintegrasi pendekekatan inkuiri yang sesuai dengan silabus dan layak digunakan. Penuntun praktikum kimia dasar I terintegrasi pendekatan inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam aspek kognitif,afektif dan psikomotorik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 1 Lub p |
Keywords: | Bahan ajar; Pendekatan ilmiah; Praktikum kimia; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy L Education > LT Textbooks Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Jul 2016 08:16 |
Last Modified: | 21 Jul 2016 08:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6708 |