Okmarisa, Heppy (2016) IMPLEMENTASI BAHAN AJAR TERINTEGRASI NILAI SPIRITUAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) BERORIENTASI KOLABORATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Masters thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Apakah terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan bahan ajar kimia terintegrasi nilai spiritual dengan buku ajar kimia SMA/MA pegangan siswa melalui model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) berorientasi kolaboratif. (2) Apakah pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar kimia terintegrasi nilai spiritual dapat menumbuh kembangkan nilai-nilai spiritual siswa. (3) Apakah terdapat hubungan antara nilai spiritual siswa dengan peningkatan hasil belajar. Sampel terdiri dari dua kelas. Instrumen penelitian berupa tes objektif hasil belajar sebanyak 25 butir soal yang valid dan reliable (0,84), serta instrumen angket dan lembar observasi sikap spiritual. Teknik analisa data dilakukan dengan uji Independent Sample T-test, Correlation dan Regression Linier pada program SPSS 21 for windows dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian dan pengujian menunjukkan : (1) Peningkatan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan bahan ajar kimia terintegrasi nilai spiritual lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan buku ajar kimia SMA/MA pegangan siswa melalui model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) berorientasi kolaboratif (p = 0,000 < 0,05), nilai rata-rata N-Gain kelas eksperimen 1 sebesar 80% dan kelas eksperimen 2 sebesar 66%, (2) Bahan ajar kimia yang dikembangkan dapat menumbuhkembangkan nilai-nilai spiritual pada siswa (3) Terdapat hubungan antara nilai spiritual dengan hasil belajar siswa sebesar 26%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 2 Okm i |
Keywords: | Bahan ajar; Sikap spiritual; Model pembelajaran; Ikatan kimia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education L Education > LT Textbooks Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Jul 2016 08:11 |
Last Modified: | 21 Jul 2016 08:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6705 |