priski, - (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SDS GRACIA SUSTAIN MEDAN TELADAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1123311051_COVER.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
2. NIM. 1123311051_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
3. NIM.1123311051_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
4. NIM. 1123311051_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
5. NIM. 1123311051_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
6. NIM. 1123311051_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
7. NIM. 1123311051_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
8. NIM. 1123311051_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
9. NIM. 1123311051_BAB I.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
13. NIM. 1123311051_BAB V.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
14. NIM. 1123311051_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Rendahnya hasil belajar pada pembelajaran matematika menjadi permasalahan dalam penelitian ini. Adanya faktor-faktor yang mempengaruhi bisa dari siswa maupun guru itu sendiri sebagai fasilitator pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Student Teams Achievement Division pada pelajaran matematika materi operasi hitung perkalian pecahan di kelas V SDS Gracia Sustain Kecamatan Medan Teladan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini siswa kelas V SDS Gracia Sustain yang berjumlah 19 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunkan presentase ketuntasan belajar siswa. Secara individual siswa dikatakan tuntas jika memenuhi nilai KKM yang ditentukan oleh sekolah untuk mata pelajaran matematika adalah 70 dan secara klasikal tuntas jika 70% siswa yang tuntas belajar.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model Student Teams Achievement Division pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDS Gracia Sustain. Dari hasil Pre Test diperoleh ketuntasan belajar 15,78% dengan rata-rata kelas 31,23 dan setelah dilaksanakan siklus I diperoleh ketuntasan belajar siswa sebesar 57,69% dengan rata-rata kelas 67,84. Pada siklus II ketuntasan belajar meningkat menjadi 92,30% dengan rata-rata kelas 82,52. Peningkatan hasil belajar siswa dari keadaan awal (pre test) ke siklus I sebesar 41,91% dan dari siklus I ke siklus II sebesar 34,61%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Student Teams Achievement Division dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika operasi hitung perkalian pecahan di kelas V SDS Gracia Sustain. Oleh karena itu peneliti berharap guru dapat menggunakan model Student Teams Achievement Division dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Sk- 2016 PGSD 118 |
Keywords: | Belajar ; Matematika ; |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Jul 2016 08:11 |
Last Modified: | 21 Jul 2016 08:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6704 |