Handayani, Jumi (2016) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERORIENTASI LESSON STUDY DENGAN MEDIA EXE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI. Masters thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perbedaan pengaruh model PBL berorientasi Lesson Study dengan media eXe learning dan model DI terhadap hasil belajar siswa; 2) perbedaan pengaruh tingkat kemampuan berpikir kritis tinggi dan rendah siswa yang dibelajarkan dengan model PBL berorientasi Lesson Study dengan media eXe learning dan model DI terhadap hasil belajar siswa; 3) interaksi antara kedua model dengan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa; dan 4) hubungan antara kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMAN Medan Tahun Ajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah dua sekolah di SMAN Medan masing-masing sebanyak 2 kelas. Instrumen penelitian berupa tes objektif hasil belajar yang valid dan reliable, tes kemampuan berpikir kritis dan lembar observasi Lesson Study. Teknik analisis yang digunakan teknik Two Way Anova dan uji Correlation pada program SPSS 21. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) terdapat perbedaan pengaruh model PBL berorientasi Lesson Study dengan media eXe learning dan model DI terhadap hasil belajar siswa (p = 0,000 < 0,05); 2) terdapat perbedaan pengaruh tingkat kemampuan berpikir kritis tinggi dan rendah siswa yang dibelajarkan dengan model PBL berorientasi Lesson Study dengan media eXe learning dan model DI terhadap hasil belajar siswa (p = 0,000 < 0,05); 3) terdapat interaksi antara kedua model dengan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa (p = 0,002 < 0,05); dan 4) terdapat hubungan antara kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar siswa (p = 0,000 < 0,05).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 541.390 712 Han p |
Keywords: | Berpikir kritis; Media komputer; Pengajaran langsung; Hasil belajar; Media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Jul 2016 08:06 |
Last Modified: | 21 Jul 2016 08:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6701 |