PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERORIENTASI LESSON STUDY DENGAN MEDIA EXE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI

Handayani, Jumi (2016) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERORIENTASI LESSON STUDY DENGAN MEDIA EXE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 4. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 9. BAB I.pdf]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 13. BAB V.pdf]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perbedaan pengaruh model PBL berorientasi Lesson Study dengan media eXe learning dan model DI terhadap hasil belajar siswa; 2) perbedaan pengaruh tingkat kemampuan berpikir kritis tinggi dan rendah siswa yang dibelajarkan dengan model PBL berorientasi Lesson Study dengan media eXe learning dan model DI terhadap hasil belajar siswa; 3) interaksi antara kedua model dengan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa; dan 4) hubungan antara kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMAN Medan Tahun Ajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah dua sekolah di SMAN Medan masing-masing sebanyak 2 kelas. Instrumen penelitian berupa tes objektif hasil belajar yang valid dan reliable, tes kemampuan berpikir kritis dan lembar observasi Lesson Study. Teknik analisis yang digunakan teknik Two Way Anova dan uji Correlation pada program SPSS 21. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) terdapat perbedaan pengaruh model PBL berorientasi Lesson Study dengan media eXe learning dan model DI terhadap hasil belajar siswa (p = 0,000 < 0,05); 2) terdapat perbedaan pengaruh tingkat kemampuan berpikir kritis tinggi dan rendah siswa yang dibelajarkan dengan model PBL berorientasi Lesson Study dengan media eXe learning dan model DI terhadap hasil belajar siswa (p = 0,000 < 0,05); 3) terdapat interaksi antara kedua model dengan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa (p = 0,002 < 0,05); dan 4) terdapat hubungan antara kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar siswa (p = 0,000 < 0,05).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 541.390 712 Han p
Keywords: Berpikir kritis; Media komputer; Pengajaran langsung; Hasil belajar; Media pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education
L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 21 Jul 2016 08:06
Last Modified: 21 Jul 2016 08:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6701

Actions (login required)

View Item
View Item