sirait, siti nurhaliza (2016) MENINGKAT MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 101777 SAENTTIS T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1113311047_COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 1113311047_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
3. NIM. 1113311047_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
4. NIM. 1113311047_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5. NIM. 1113311047_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
6. NIM. 1113311047_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1113311047_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1113311047_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1113311047_BAB I.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
13. NIM. 1113311047_BAB V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM. 1113311047_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
Abstract
Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada pelajaran IPA khususnya pada pokok bahasan gerakan bumi dan bulan dimana guru kurang memberikan motivasi pada saat proses belajar, nilai IPA yang didapat siswa rendah, siswa kurang aktif selama proses pembelajaran dan guru masih menggunakan model pembelajaran yaitu ceramah, tanya jawab dan menghapal. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPA melalui model Student Facilitator and Explaining di kelas VI SDN 101777 Saentis Tahun Ajaran 2015/2016.
Hasil penelitian pada siklus I, motivasi belajar siswa pada tindakan diperoleh 16 siswa dari 28 siswa yang telah mengalami peningkatan motivasi belajarnya yaitu 11 siswa memperoleh nilai tinggi dan 9 siswa memperoleh nilai sedang dengan nilai 25,00%, dan 12 siswa dari 28 siswa yang belum mengalami perubahan dengan nilai rendah sebanyak 42,86%. Dengan demikian kesimpulan sementara, bahwa penggunaan model pembelajaranstudent facilitator and explaining yang dilakukan peneliti masih tergolong sedang dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Setelah dilakukan siklus II menunjukkan adanya kenaikan motivasi belajar yang meningkat yaitu 26 siswa dari 28 siswa yang mengalami peningkatan motivasi belajarnya yaitu 24 siswa memperoleh nilai sangat tinggi dan 1 siswa memperoleh nilai tinggi dengan nilai 92,86%, dan 2 siswa dari 28 siswa yang memperoleh nilai rendah sebanyak 7,14%. Sehingga dapat disimpulakn hasil penelitian ini dengan menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining yang dilaksanakan peneliti dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dengan kriteria sangat tinggi.Hasil pengamatan yang dilakukan terhadap guru dalam proses pembelajaran pada siklus I diperoleh nilai 35 (73.00%) dengan kategorin tinggi. Sedangkan pada siklus II diperoleh nilai 45 (93.75%) dengan kategori sangat baik.
Berdasarkan analisis di atas dapat disimpulkan bahwa “dengan menggunakan model Student facilitator and Explainingdapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pokok Gerakan bumi dan bulan di kelas VI SD Negeri No. 101777 Saentis Tahun Ajaran 2015/2016”. Dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK- 2016 PGSD 018 |
Keywords: | Motivasi ; Student Fasilitator and Explaining ; |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Jul 2016 07:53 |
Last Modified: | 21 Jul 2016 07:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6700 |