fitri., rahayu syah (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJR PADA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE DI KELAS V SD NEGERI 054943 SIMPANG LIMUN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1123111068 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 1123111068 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (545kB) | Preview
3. NIM. 1123111068 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM. 1123111068 PREFACE.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
5. NIM. 1123111068 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
6. NIM. 1123111068 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 1123111068 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1123111068 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 1123111068 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (426kB) | Preview
13. NIM. 1123111068 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 1123111068 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah penggunaan model dalam proses pembelajaran masih bersifat konvensional atau masih terpusat kepada guru siswa yang kurang aktif, siswamenjadi kurang tertarik untuk mengikuti pelajaran sehingga menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Penelitibertujuan untuk mengetahui bahwa dengan menerapkan model Picture and picturedapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi Struktur lapisan tanah yang menyusun daratan bumi, kelas V SD Negeri 054943 Simpang Tahun Ajaran 2015/2016.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dimana yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 054943 Simpang Limun, Kecamatan Gebang, Kabupaten Langkat, Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 20 siswa. Terdiri dari 12 orang laki-laki dan 8 orang perempuan. Objek pada penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada pelajaran IPA melalui model pembelajaran Picture and picture. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yakni siklus I dan Siklus II. Data analisis dengan menggunakan persentase, pengamatan dan tes.
Setelah dilaksanakan penelitian, diperoleh hasil bahwa dari 20 orang siswa, jumlah siswa yang mencapai ketuntasan dengan KKM sebesar 70 pada saat Pre-test tindakan hanya terdiri dari 3 orang siswa (15%) dan 17 orang siswa (85%) belum tuntas dengan nilai rata-rata 44,75. Setelah pelaksanaan siklus I jumlah siswa yang mencapai ketuntasan mulai meningkat menjadi 8 orang siswa (40%) tetapi 12 orang siswa (60%) masih belum tuntas dengan nilai rata-rata secara klasiskal 62,5. Selanjutnya pada siklus II jumlah siswa tuntas semakin meningkat menjadi 17 orang siswa (85%) sedangkan 3 orang siswa (15%) masih belum tuntas dengan nilai rata-rata seluruhnya 82,25 namun sudah tergolong baik.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa menggunakan model Picture and picturedapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi Struktur lapisan tanah yang menyusun daratan bumi, kelas V SD Negeri 054943 Simpang Limun, Kecamatan Gebang Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK- 2016 PGSD 083 |
Keywords: | Picture And Picture ; IPA ; |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Jul 2016 07:45 |
Last Modified: | 21 Jul 2016 07:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6698 |