gaol, nia bintang lumban (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE PADA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 066054 MEDAN DENAI T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM 1123111061 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2. NIM 1123111061 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (873kB) | Preview
3. NIM 1123111061 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
4. NIM 1123111061 PREFACE.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5. NIM 1123111061 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
6. NIM 1123111061 TABLE.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
7. NIM 1123111061 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
8. NIM 1123111061 DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
9. NIM 1123111061 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (4kB) | Preview
10. NIM 1123111061 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (421kB) | Preview
14. NIM 1123111061 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
15. NIM 1123111061 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran IPS yaitu pembelajaran yang diterapkan masih bersifat konvensional sehingga keaktifan siswa dalam belajar masih kurang. Kurangnya minat siswa dalam menerima pelajaran yang diberikan guru dan kurangnya penggunnaan media pembelajaran sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah hasil belajar siswa pada pelajaran IPS materi pokok perkembangan teknologi dapat meningkat dengan menggunakan model pembelajaran word square di kelas IV SD Negeri 066054 Medan Denai.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yang pada setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 066054 Medan Denai Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 35 siswa yang terdiri dari 17 orang siswa laki-laki dan 18 orang siswa perempuan. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran word square.
Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dari perolehan rata-rata siswa pada tes awal hanya 50 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 4 orang dengan persentase 11%. Setelah dilaksanakan siklus I, diperoleh peningkatan nilai rata-rata siswa menjadi 66 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 20 siswa dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 57%. Pada siklus II diperoleh peningkatan nilai rata-rata siswa menjadi 88 dengan 35 orang siswa 100%. Dan perolehan hasil observasi siswa dalam mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 64 menjadi 79 pada siklus II. Demikian pula hasil observasi kemampuan guru mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 62 menjadi 75 pada siklus II.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran word square dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS materi pokok perkembangan teknologi di kelas IV SD Negeri 066054 Medan Denai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK- 2016 PGSD 102 |
Keywords: | Word Square; |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Jul 2016 07:34 |
Last Modified: | 21 Jul 2016 07:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6696 |