anggraeny, rewa (2016) PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF CROSSWORD PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS V SD NEGERI 101767 TEMBUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1123111077 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 1123111077 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (530kB) | Preview
3. NIM. 1123111077 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4. NIM. 1123111077 PREFACE.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
5. NIM. 1123111077 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
6. NIM. 1123111077 TABLE.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 1123111077 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 1123111077 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 1123111077 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (409kB) | Preview
13. NIM. 1123111077 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
14. NIM. 1123111077 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri 101767 Tembung T.A 2015/2016 sebanyak 1 kelas, dengan 21 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Pelaksanaan tindakan dilakukan selama 2 siklus dan tiap siklus dilakukan sebanyak 2 kali pertemuan. Setiap siklus harus melakukan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan tes. Tes yang diberikan sebanyak 20 soal berbentuk pilihan ganda. Soal yang diberikan sebanyak 3 kali yaitu pre test, pos test siklus I dan pos test siklus II.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada saat pre test sebelum dilakukan tindakan diperoleh dari 21 siswa sebanyak 3 siswa (14,29%) telah mencapai standar ketuntasan belajar dan 18 siswa (85,72%) yang belum tuntas dalam belajar dengan nilai rataa-rata kelas sebesar 50,71. Selanjutnya pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 68,33 dengan tingkat belajar siswa dari 21 siswa sebanyak 13 siswa (61,9%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 8 siswa (38,1%) belum mencapai ketuntasan belajar.
Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas meningkatkan menjadi 81,6 dengan tingkat belajar siswa sebanyak 19 siswa (90,5%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 2 siswa (9,5%) belum mencapai ketuntasan belajar, sehingga secara klasikal kelas tersebut dinyatakan telah tuntas belajar karena telah memenuhi standar minimal 80% dari jumlah keseluruhan siswa yang mencapai ketuntasan secara individual. Berdasarkan hasil observasi diperoleh data bahwa proses belajar mengajar telah berlangsung dengan baik.
Hasil observasi pada siklus II mengalami peningkatan dari hasil observasi pada siklus I. Hasil observasi guru pada siklus I adalah 68,33 (cukup kompeten) sedangkan pada siklus II adalah 90 (sangat kompeten). Hasil observasi siswa pada siklus I adalah 69,21 (kurang) sedangkan pada siklus II adalah 89,3 (baik).
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran aktif crossword puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran PKn materi keputusan bersama di kelas V SD Negeri 101767 T.A 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK- 2016 PGSD 124 |
Keywords: | Crossword puzzle ; PKn ; |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Jul 2016 06:54 |
Last Modified: | 21 Jul 2016 06:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6693 |