adrina, - (2016) MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS IV SD SWASTA RAJA GARUDA MAS BESITANG TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 1122111026 COVER.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
02. NIM 1122111026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (788kB) | Preview
03. NIM 1122111026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
04. NIM 1122111026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
05. NIM 1122111026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
06. NIM 1122111026 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
07. NIM 1122111026 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
08. NIM 1122111026 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
09. NIM 1122111026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
13. NIM 1122111026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
14. NIM 1122111026 BIBLIOGRAFY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan sosial siswa pada pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan model Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa pada pelajaran IPS materi pokok Permasalahan Sosial Di Daerah di kelas IV SD Swasta Raja Garuda Mas Tahun Ajaran 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD Swasta Raja Garuda Mas Besitang yang berjumlah 33 orang siswa, terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Pelaksanaan PTK dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Observasi dilakukan terhadap keterampilan sosial siswa dan aktivitas mengajar guru sebanyak empat kali, yaitu setiap pertemuan dalam siklus I dan II.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata keterampilan sosial siswa pada siklus I pertemuan I yaitu 62.93 dan meningkat pada pertemuan II menjadi 69.95. Pada siklus II pertemuan I diperoleh 78.35 dan meningkat menjadi 81.67 pada siklus II pertemuan II. Tingkat keterampilan sosial siswa secara klasikal pada siklus I pertemuan I diperoleh 27.3% dan pada pertemuan II meningkat menjadi 45.5%. Selanjutnya pada siklus II pertemuan I, tingkat keterampilan sosial siswa secara klasikal meningkat menjadi 72.7% dan pada pertemuan II kembali meningkat menjadi 84.8%. Hasil observasi terhadap guru pada siklus I pertemuan I sebesar 66.67 dan mengalami peningkatan pada pertemuan II yaitu menjadi 72.92. Pada siklus II pertemuan I, hasil observasi terhadap guru meningkat menjadi 81.25 dan pada pertemuan II kembali meningkat menjadi 85.42.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan sosial IPS siswa di kelas IV SD Swasta Raja Garuda Mas Besitang Tahun Ajaran 2015/2016. Guru disarankan dapat menerapkan model Problem Based Learning dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK- 2016 PGSD 130 |
Keywords: | Keterampilan Sosial ; Problem Based Learning |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Jul 2016 06:31 |
Last Modified: | 21 Jul 2016 06:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6691 |