fatimah, siti (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 102099 TEBING TINGGI T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 1122111021 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM 1122111021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
3. NIM 1122111021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
4. NIM 1122111021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
5. NIM 1122111021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM 1122111021 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM 1122111021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 1122111021 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 1122111021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
13. NIM 1122111021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM 1122111021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
Abstract
Masalahdalampenelitianiniadalahapakahdenganmenggunakan model pembelajaranthinkpair and share(TPS) akandapatmeningkatkanaktivitasbelajarsiswapadamatapelajaran IPA kelas V SDN 102099 TebingTinggitahunajaran 2015/2016.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmeningkatkanaktivitasbelajarsiswadenganmenggunakan model pembelajaranthink pair and share(TPS) padamatapelajaran IPA kelas V SDN 102099 TebingTinggitahunajaran 2015/2016.
Pendekatan yang digunakandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatif.Jenispenelitianiniadalah ”PenelitianTindakanKelas”. Penelitianiniterdiridari 2 siklusyaitusiklus I dan siklus II masing-masingterdiridari 2 kali pertemuan.Prosedurpenelitiansiklus I dansiklus II yaitu: perencanaan, pelaksanaantindakan, pengamatan/observasi, danrefleksi. Subjekpenelitianiniadalahsiswakelas V SDN 102099 TebingTinggi yang berjumlah 30 orang siswa yang terdiridari 11 orang laki-lakidan 19 orang perempuan, sedangkanobjekdalampenelitianiniadalahpenggunaan modelpembelajaranthink pair and shareuntukmeningkatkanaktivitasbelajar IPA. Alat yang dikumpulkandalampengumpulan data adalahlembarobservasi.Adapun yang dianalisisdalamlembarobservasiadalahaktivitaspembelajaransiswadan guru selama proses pembelajaranberlangsung.
Berdasarkanhasilpenelitianmenunjukkandarijumlahsiswa 30 orang di kelas V SDN 102099 TebingTinggibahwapadasiklus I pertemuan I nilai rata-rata kelasadalah 56,13danpadapertemuan II nilai rata-rata kelasadalah 66,2. Sedangkanpadasiklus II pertemuan I nilai rata-rata kelasadalah 71,30danpadapertemuan II nilai rata-rata kelasadalah 86,25. Jumlahsiswa yang aktifpadasetiapaspekaktivitasbelajarsiswajugamengalamipeningkatanpadasetiappertemuan.Siklus I pertemuan I jumlahsiswa yang aktifadalah 7 orang denganpersentase 23,33% danpadapertemuan II jumlahsiswa yang aktif 19 orang denganpersentase 63,33%, padasiklus II pertemuan I jumlahsiswa yang aktifadalah 23 orang denganpersentase 76,66% danpadapertemuan II jumlahsiswa yang aktifadalah 30 orang denganpersentase 100%.Observasi guru padasiklus I pertemuan I guru mendapatkanskor 33 denganpersentase 63,46% danpadapertemuan II guru mendapatskor 35 denganpersentase 67,31%. Padasiklus II pertemuan I guru mendapatkanskor 43 denganpersentase 82,69% danpadapertemuan II guru mendapatkanskor 48 denganpersentase 92,30% serta rata-ratanyaadalah 76,44%.
Berdasarkanhasilpenelitiantersebut, dapatdisimpulkanbahwadenganmenggunakan model pembelajaranthink pair and sharedapatmeningkatkanaktivitasbelajarsiswapadamatapelajaran IPA kelas V SDN 102099 TebingTinggi.Disarankankepadasiswauntukaktifdalampembelajaran, disarankan guru dapatmeningkatkanaktivitasbelajardenganmenggunakan model think pair and share, disarankankepalasekolahdapatmeningkatkankualitaspembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK- 2016 PGSD 131 |
Keywords: | Think Pair and Share ; |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Jul 2016 04:05 |
Last Modified: | 21 Jul 2016 04:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6680 |