purba, octavia ramayanti br (2016) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS IV SD NEGERI 101767 TEMBUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 NIM 1123111065 COVER.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
02 NIM 1123111065 LEMBAR PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (617kB) | Preview
03 NIM 1123111065 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
04 NIM 1123111065 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
05 NIM 1123111065 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
06 NIM 1123111065 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
07 NIM 1123111065 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
08 NIM 1123111065 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
09 NIM 1123111065 BAB I.pdf - Published Version
Download (686kB) | Preview
13 NIM 1123111065 BAB V.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
14 NIM 1123111065 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PKn. Proses pembelajaran PKn yang dilakukan guru cenderung masih bersifat teacher center dimana guru cenderung mendominasi proses pembelajaran dan kurang melibatkan siswa aktif dalam belajar. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah dengan model pembelajaran Take And Give dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi Lembaga-lembaga Negara kelas IV SD Negeri 101767 Tembung.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran Take And Give. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 101767 Tembung yang berjumlah 24 orang siswa, yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 14 siswi perempuan. Ada pun alat pengumpulan data pada saat penelitian dilakukan yaitu menggunakan lembar observasi motivasi belajar siswa dan lembar observasi untuk guru, serta lembar angket motivasi belajar siswa yang dilaksanakan dua siklus.
Hasil data yang diperoleh berupa tabel pada lembar observasi motivasi belajar siswa diperoleh pada siklus I pertemuan I diperoleh data bahwa siswa yang memiliki motivasi kurang sebanyak 15 orang atau 62,5%, siswa yang memiliki motivasi cukup sebanyak 6 orang atau 25%, dan siswa yang memiliki otivasi baik sebanyak 3 orang atau 12,5%. Dan pada siklus I pertemuan II diperoleh data bahwa siswa yang memiliki motivasi kurang sebanyak 10 orang atau 41,66%, siswa yang memiliki motivasi cukup sebanyak 7 orang atau 29,17% , siswa yang memiliki motivasi baik sebanyak 6 orag atau 25% dan siswa yang memiliki motivasi sangat baik sebanyak 1 orang atau 4,17%. Hasil tersebut perlu dilakukan perbaikan pada siklus II diperoleh data pada siklus II pertemuan I diperoleh data bahwa siswa yang memiliki motivasi kurang sebanyak 3 orang atau 12,5%, siswa yang memiliki motivasi cukup sebanyak 8 orang atau 33,33%, siswa yang memiliki motivasi baik sebanyak 11 orang atau 45,84% dan siswa yang memiliki motivasi sangat baik sebanyak 2 orang atau 8,33%. Pada siklus II pertemuan II diperoleh data bahwa siswa yang memiliki motivasi cukup sebanyak 2 orang atau 8,33%, siswa yang memiliki motivasi baik sebanyak 4 orang atau 16,7% dan siswa yang memiliki motivasi sangat baik sebanyak 18 orang atau 75%.
Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Take And Give dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi Lembaga-lembaga Negara kelas IV SD Negeri 101767 Tembung tahun ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK- 2016 PGSD 094 |
Keywords: | Motivasi : Pembelajaran Take and Give ; PKn |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Jul 2016 03:13 |
Last Modified: | 21 Jul 2016 03:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6666 |