Pangaribuan, Romauli (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) KELAS V SD SWASTA ETIS LANDIA KEC. MEDAN HELVETIA T.A 2015/2016”. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1123311063_COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM. 1123311063_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (512kB) | Preview
3. NIM. 1123311063_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
4. NIM. 1123311063_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
5. NIM. 1123311063_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM. 1123311063_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 1123311063_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 1123311063_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 1123311063_BAB I.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
14. NIM. 1123311063_BAB V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
15. NIM. 1123311063_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran IPS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD siswa kelas V SD Swasta Etis Landia pada materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan T.A 2015/2016.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD yang berjumlah 27 orang. Objek penelitian ini adalah tindakan sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Adapun prosedur penelitian pada tiap siklus ialah : 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, 4) refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa test berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 butir soal dan lembar observasi aktivitas siswa dan guru.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pre tes diperoleh nilai rata-rata adalah 61,85 dengan perincian dari 27 siswa bahwa 37,03 % atau 10 siswa yang tuntas dan 62,96 % atau 17 siswa belum tuntas. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 69,62 dengan perincian 17 orang siswa ( 62,96 %) sudah tuntas dan 10 orang siswa (37,03%) belum tuntas belajar, dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 79,62 dengan perincian 24 orang siswa (88,89%) sudah tuntas dan 3 orang siswa (14,81%) belum tuntas belajar. Perolehan hasil observasi siswa siklus I 59,97% dan siklus II 87,5% dilihat dari hasil observasi siswa mengalami peningkatan 28,13% .Demikian pula hasil observasi guru siklus I 83.92% dan siklus II 94,64% dilihat dari hasil observasi guru mengalami peningkatan 10,72%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan di kelas V SD Swasta Etis Landia Kec. Medan Helvetia T.A 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 115 |
Keywords: | Hasil Belajar;STAD;SD |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Jul 2016 03:12 |
Last Modified: | 21 Jul 2016 03:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6665 |