Setiawati, Nanda Ayu (2016) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STRAY TWO STAY PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 101775 KECAMATAN PERCUT SEI TUAN TA. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1121111009_COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 1121111009_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (471kB) | Preview
3. NIM. 1121111009_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4. NIM. 1121111009_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
5. NIM. 1121111009_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
6. NIM. 1121111009_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
7. NIM. 1121111009_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM 1121111009_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
9. NIM. 1121111009_BAB I.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
13. NIM 1121111009 BAB V.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
14. NIM. 1121111009_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi energi panas dan energi bunyi. Guru hanya menggunakan metode ceramah dalam proses pembelajarannya membuat pembelajaran menjadi menonton sehingga siswa kurang termotivasi untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Two Stray Two Stay dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi energi panas dan bunyi.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi, dengan jumlah subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 25 orang. Teknik pengumpulkan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan lembar observasi motivasi belajar siswa, teknik analisis data dalam lembar observasi adalah motivasi belajar siswa dan lembar observasi pelaksaan pembelajaran.
Hasil teknik analisis bahwa pada siklus I pertemuan I diperoleh persentase rata-rata motivasi belajar siswa secara klasikal sebesar 20,00% atau sebanyak 5 orang dan tergolong katagori sangat kurang. pada siklus I pertemuan II diperoleh persentase rata-rata motivasi belajar siswa secara klasikal sebesar 40,00% atau sebanyak 10 orang dan tergolong katagori kurang. pada siklus II pertemuan I diperoleh persentase rata-rata motivasi belajar siswa secara klasikal sebesar 52,00% atau sebanyak 13 orang dan tergolong katagori sangat cukup. Pada siklus II pertemuan II diperoleh persentase rata-rata motivasi belajar siswa secara klasikal sebesar 92,00% atau sebanyak 23 orang dan tergolong katagori sangat Baik. Hasil Penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan motivasi belajar dengan menggunakan model pembelajaran Two Stray Two Stay pada mata pembelajaran IPA di kelas IV SDN 101775 Kec. Percut Sei Tuan T.A 2015/ 2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 010 |
Keywords: | Motivasi Belajar; Model Pembelajaran; Energi Panas |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Jul 2016 02:58 |
Last Modified: | 21 Jul 2016 02:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6661 |