Nur, Alfi Syahrin (2016) PEMANFAATAN MEDIA KONKRIT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 028067 BINJAI T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1123111003 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 1123111003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
3. NIM. 1123111003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM. 1123111003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
5. NIM. 1123111003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. NIM. 1123111003 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 1123111003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 1123111003 DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM. 1123111003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
13. NIM. 1123111003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 1123111003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
Abstract
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan
media pembelajaran benda konkrit dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi gaya dan gerak. Penelitian ini dilakukan di kelas IV
SD Negeri 028067 Binjai yang berlokasi di Jln. Sabit kelurahan Cengkeh Turi Kecamatan Binjai Utara, Kota Binjai.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, yang terdiri atas 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah
siswa kelas IV SD Negeri 028067 Binjai yang berjumlah 30 orang terdiri dari
12 orang siswi perempuan dan 18 orang siswa laki-laki. Objek penelitian ini
adalah peningkatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran benda konkrit pada mata pelajaran IPA materi gaya dan gerak di
SD Negeri 028067 Binjai.
Hasil penelitian yang diperoleh selama pengamatan menunjukkan adanya peningkatan, hal ini dapat dilihat pada hasil persentase tingkat motivasi
siswa pada siklus I sebesar 58,38% yang tergolong rendah dan pada
siklus II mengalami peningkatan sebesar 81,82% yang tergolong tinggi. Sedangkan
hasil angket pada kondisi awal mulanya hanya 61,83% yang tergolong
rendah dan pada kondisi akhir mengalami peningkatan sebesar 83,25 % yang tergolong tinggi.
Dengan demikian maka dapat dikatakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran benda konkrit dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi gaya dan gerak di kelas IV
SD Negeri 028067 Binjai. Dan disarankan kepada guru untuk menggunakan
media pembelajaran benda konkrit dalam menyampaikan materi pada pelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 160 |
Keywords: | Motivasi; Media IPA |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Jul 2016 02:18 |
Last Modified: | 21 Jul 2016 02:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6653 |