sari, dilla nurmalita (2016) PENERAPAN STRATEGI PETA KONSEP (CONCEPT MAPPING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA ORGAN TUBUH MANUSIA DAN HEWAN DI KELAS VA SDN 101783 SAENTIS T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1123111022. COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 1123111022 APPROVAL SHEET.docx.pdf - Published Version
Download (603kB) | Preview
3. NIM. 1123111022. ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
4. NIM. 1123111022. PREFACE.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
5. NIM. 1123111022. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
6. NIM. 1123111022. TABLES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
7. NIM. 1123111022. ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 1123111022. APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 1123111022. CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (430kB) | Preview
13. NIM. 1123111022. CHAPTER V.docx.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM. 1123111022. BIBLIOGRAPHY.docx.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh kurangnya kemampuan siswa dalam memahami, menguasai dan mengaplikasikan teori dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan strategi peta konsep (concept mapping) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema organ tubuh manusia dan hewan di kelas VA SDN 101783 Saentis tahun ajaran 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah “Penelitian Tindakan Kelas”. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN 101783 Saentis dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang siswa. Jumlah siswa perempuan sebanyak 10 siswa dan jumlah siswa laki-laki sebanyak 12 siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran peta konsep (concept mapping).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru siklus I memperoleh skor sebesar 34, dengan nilai 2,6 dan masuk dalam kategori baik. Aktivitas siswa pada siklus memperoleh skor 47 dengan nilai 2,6 dan masuk dalam kategori baik. Keterampilan guru pada siklus II memperoleh skor 49, dengan nilai 3,77 dan masuk dalam kategori sangat baik. Selanjutnya aktivitas siswa pada siklus II memperoleh skor 61 dengan nilai 3,38 dan masuk kategori baik. Pada tes awal atau sebelum diberi tindakan terdapat 7 siswa yang tuntas belajar (31,81%), dan 15 siswa yang belum tuntas belajar (68,19%). Sikap siswa belum terlihat (BT) dan keterampilan siswa tidak terlihat (KTT). Pada siklus I terjadi peningkatan yaitu: terdapat 12 siswa yang tuntas belajar (54,55%), 10 siswa yang tidak tuntas belajar (45,45%). Sikap siswa belum terlihat (BT) dan keterampilan siswa tidak terlihat (KTT). Selanjutnya pada siklus 2 juga mengalami peningkatan yaitu: terdapat 19 siswa yang tuntas belajar (86,36%), dan 3 siswa yang belum tuntas belajar ( 13,64%) dengan nilai sikap 1,7 (MT) dan nilai keterampilan 1,6 (KT).
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan strategi pembelajaran peta konsep (concept mapping) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema organ tubuh manusia dan hewan di kelas VA SDN 101783 Saentis T.A 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK- 2016 PGSD 136 |
Keywords: | Concept Mapping ; Tematik Integratif; |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Jul 2016 08:31 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 08:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6647 |