nasution, fauziah (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE TWO STAY TWO STRAY DI KLEAS V SD NEGERI 106812 BANDAR KLIPPA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 1124411001 COVER.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
2. NIM 1124411001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (491kB) | Preview
3. NIM 1124411001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
4. NIM 1124411001 PREPACE.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
5. NIM 1124411001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
6. NIM 1124411001 TABLES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7. NIM 1124411001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
8. NIM 1124411001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
9. NIM 1124411001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
13. NIM 1124411001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
14. NIM 1124411001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
Abstract
menggunakan metode pembelajaran Two Stay Two Stray dengan yang tidak menggunakan metode pembelajaran Two Stay Two Stray pada pembelajaran IPS materi Kerajaan Islam Di Indonesia di kelas V. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan metode pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi Kerajaan Islam Di Indonesia pada siswa kelas V SDN 106812 Bandar Klippa T.A 2014/2015.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 32 orang siswa yang berasal dari siswa kelas V pada tahun ajaran 2014/2015, dimana kegiatan dilakukan saat pembelajaran IPS berlangsung. Untuk memperoleh data yang digunakan dalam penelitian ini penulis melakukan tes dan observasi. Adapun teknik analisa data dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dengan menguraikan persentase yang digunakan.
Setelah pelaksanaan pre test diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu 6 orang (18,75%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dan yang tidak mencapai tingkat ketuntasan yaitu 26 orang (81,25%) dengan nilai rata-rata 25,56. Setelah pelaksanaan siklus I dengan menggunakan metode pembelajaran Two Stay Two Stray diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu 19 orang siswa (59,37%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dan yang tidak mencapai tingkat ketuntasan belajar yaitu 13 orang siswa (40,62%) dengan nilai rata-rata 64,46. Setelah pelaksanaan siklus II dengan menggunakan metode pembelajaran Two Stay Two Stray diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebanyak 30 orang siswa (93,75%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dan yang tidak mencapai tingkat ketuntasan belajar yaitu 2 orang siswa (6,25%) dengan nilai rata-rata 82,06.
Dengan demikian maka dapat dikatakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 106812 Bandar Klippa pada pelajaran IPS dalam materi Kerajaan Islam Di Indonesia. Dan disarankan kepada guru untuk menggunakan metode pembelajaran Two Stay Two Stray dalam menyampaikan materi pada pelajaran IPS.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Cooperative ; Two Stay Two Stray |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Jul 2016 07:52 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 07:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6641 |