Rebeca, Eka (2016) HUBUNGAN PEMBERIAN REINFORCEMENT DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 028227 BINJAI SELATAN TAHUN AJARAN 2015/2016,. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1123311024 COVER.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
2. NIM. 1123311024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 1123311024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
4. NIM. 1123311024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
5. NIM. 1123311024 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6. NIM. 1123311024 TOBE.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
7. NIM. 1123311024 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 1123311024 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
10. NIM. 1123311024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
14. NIM. 1123311024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
9. NIM. 1123311024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa, rendahnya kemampuan guru dalam menciptakan kondisi belajar yang aktif, kurangnya pemberian reinforcement positif, dan guru cenderung mengulangi reinforcement pada kesalahan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara reinforcement dengan motivasi belajar siswa di SD Negeri 028227 Binjai Selatan Tahun Ajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasional, dilakukan di SD Negeri 028227 Binjai Selatan Tahun Ajaran 2015/2016 dengan populasi sebanyak 98 orang dan sampel 98 orang ( = 0,05). Populasi diambil dari 3 kelas yaitu kelas IV, V, dan VI. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data penelitian adalah angket dari masing masing variabel dengan Skala Linkert. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan uji koefisien korelasi product moment, dengan terlebih dahulu melakukan uji persyaratan seperti uji normalitas, homogenitas, dan linieritas.
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh gambaran reinforcement pada kriteria sedang (mean = 26,1) dan motivasi belajar juga pada kriteria sedang ( mean = 42,47). Hasil analisis korelasi menunjukkan rxy = 0,221 sementara rtabel α = 0,05 (0,1986) dengan demikian dapat dikatakan terdapat hubungan positif antara reinforcement dengan motivasi belajar. Selanjutnya hasil uji t diperoleh 2,22 sedangkan t tabel dengan α = 0,05 diperoleh nilai ttabel = 1,98447. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi reinforcement maka semakin tinggi juga motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 038 |
Keywords: | Motivasi belajar; Reinforcement |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Jul 2016 07:51 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 07:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6640 |