ningsih, yulia (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DI KELAS V SD NEGERI 106152 TANDAM HILIR I T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1123311088_COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 1123311088_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (660kB) | Preview
3. NIM. 1123311088_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
4. NIM. 1123311088_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
5. NIM. 1123311088_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. NIM. 1123311088_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 1123311088_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
8. NIM. 1123311088_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 1123311088_BAB I.pdf - Published Version
Download (409kB) | Preview
13. NIM. 1123311088_BAB V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
14. NIM. 1123311088_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi pokok Tokoh-tokoh Kemerdekaan Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi pokok Tokoh-tokoh Kemerdekaan Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran Scramble.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini siswa kelas V SD Negeri 106152 Tandam Hilir I Tahun Ajaran 2015/2016 sebanyak 1 kelas yaitu 27 orang siswa yang terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan. Pelaksanaan tindakan dilakukan selama 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Jadi dalam 2 siklus ada 4 kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan 4 tahap yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan Refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu hasil tes dan lembar observasi.
Dari temuan hasil test awal yang berjumlah 27 siswa, siswa masih memiliki tingkat ketuntasan di bawah 70 (<70), siswa yang tuntas hasil belajarnya yaitu sebanyak 8 orang siswa dengan persentase 29,63% dan 19 orang siswa yang belum tuntas dengan persentase 70,37%, rata-rata kelas 51,29, sehingga baik secara individu maupun secara klasikal kemampuan awal siswa masih tergolong belum tuntas. Dari perolehan hasil tes awal tersebut, peneliti menindak lanjuti dan melanjutkan ke Post test siklus I. Pada siklus I hasil observasi kegiatan belajar mengajar guru mendapat nilai 71,87 dan hasil belajar siswa meningkat menjadi 20 orang siswa yang telah tuntas dengan persentase (74,07%) dan 7 orang siswa yang belum tuntas dengan persentase (25,93%), rata-rata kelas 70,56. Maka dapat diketahui bahwa kemampuan siswa dalam memahami materi perkembangan tokoh-tokoh kemerdekaan Indonesia berdasarkan tingkat keberhasilan secara klasikal masih tergolong belum berhasil. Peneliti melanjutkan ke post test siklus II, pada siklus II hasil observasi kegiatan belajar mengajar guru meningkat dengan nilai 90,62 dan hasil belajar siswa meningkat sebanyak 25 orang siswa yang telah tuntas dalam belajar dengan persentase (92,59%) dan terdapat 2 orang siswa yang belum tuntas dalam belajar dengan persentase (7,41%) dengan nilai rata-rata kelas 85,74.
Dari hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Scramble dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi pokok Tokoh-tokoh Kemerdekaan Indonesia di kelas V SD Negeri 106152 Tandam Hilir I Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Sk- 2016 PGSD 045 |
Keywords: | Sramble ; IPS |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Jul 2016 07:45 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 07:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6638 |